3 Kesalahan Dalam Menurunkan Kolesterol

Kolesterol tinggi kerap membuat orang khawatir karena bisa menimbulkan berbagai bahaya pada tubuh. Karena itu, penderita kolesterol harus segera mengatasinya dengan melakukan penanganan yang tepat. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, di antaranya adalah olahraga, mengonsumsi makanan penurun kolesterol, dan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Akan tetapi, bagi orang yang baru menderita penyakit kolesterol dan belum tahu banyak bagaimana cara mengatasinya, mungkin masih sering melakukan kesalahan saat menurunkan kolesterol. Berikut inilah cara-cara menurunkan kolesterol yang ternyata salah dan perlu dihindari.

  • Memilih tidak mengonsumsi obat dokter

Setiap orang memang memiliki pemahaman yang berbeda-beda. Ada yang sudah terbukti menderita kolesterol, tetapi masih ragu untuk mengonsumsi obat yang diberikan dokter. Mungkin Anda merasa bahwa mengatasi kolesterol secara alami lebih efektif. Padahal, untuk menurunkan kolesterol, tetap saja perlu didukung dengan mengonsumsi obat yang tepat. Dokter pun pasti menyesuaikan obat yang diberikan dengan kondisi tubuh Anda. Selain itu, dokter juga menghindari pemberian obat-obatan yang tidak diperlukan. Asalkan mengonsumsi sesuai anjuran dokter, obat-obatan tersebut akan membantu meredakan kolesterol dalam tubuh.

  • Melewatkan sarapan dan makan malam

Kolesterol memang berkaitan erat dengan lemak, karena itu banyak yang percaya kalau ingin menurunkan kolesterol, penderita perlu melakukan diet. Namun, diet juga perlu dilakukan secara tepat. Melewatkan sarapan dan makan malam bukanlah merupakan cara diet yang efektif. Sebab, sarapan tetap diperlukan untuk memberikan energi pada tubuh agar bisa beraktivitas. Begitu pun makan malam. Makan malam akan menyiapkan tubuh Anda untuk melakuakan aktivitas di esok pagi. Namun menu yang dikonsumsi juga perlu diperhatikan, jangan sampai menu yang dikonsumsi justru meningkatkan kadar kolesterol.

  • Kurang mengonsumsi buah dan sayur

Menu makanan yang penting dikonsumsi oleh penderit kolesterol adalah buah dan sayur. Bagi yang tidak menyukainya, mungkin bisa mengakali dengan mengonsumsi suplemen makanan. Namun, sebaiknya konsumsi buah dan sayur yang masih segar untuk mendapatkan nutrisi yang maksimal. Serat yang terdapat dalam buah dan sayur juga dapat membuat tubuh merasa lebih kenyang dan membantu menurunkan jumlah lemak dalam tubuh.

Bagi Anda yang menyukai makanan dengan proses digoreng, mungkin menghindari gorengan saat proses menurunkan kolesterol menjadi hal yang sangat sulit. Senbenarnya, Anda masih bisa mengonsumsi makanan dengan cara digoreng saat kolesterol tinggi, selama dalam batas wajar dan ketahui cara mengolah makanan yang digoreng tetapi rendah kolesterol. Semoga bermanfaat! (Rima)

Share this...
Share on Google+Share on FacebookTweet about this on TwitterPin on PinterestShare on StumbleUponShare on LinkedIn

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *