4 Hal ini Menyebabkan Overheat Pada Motor

Ketika mendengar overheat, mungkin banyak dari kamu yang berpikir tentang kendaraan roda empat. Padahal sebenarnya kendaraan rota dua juga bisa loh mengalami masalah ini. Sama halnya dengan mobil, overheat yang terjadi pada motor ini juga menyebabkan mesin motor mengalami kenaikan suhu di atas normal. Ketika ini terjadi, menggunakan oli motor matic terbaikpun tidak akan ada gunanya. Yang ada justru oli motor yang kamu gunakan malah bisa mengalami kerusakan.

mesin motor overheatWah, pasti kamu tidak mau dong motor kesayanganmu mengalami hal tersebut? Supaya bisa menghindarinya, yuk ketahui beberapa penyebab overheat pada motor yang harus diwaspadai!

  • Sirkulasi air pendingin

Masalah ini hanya terjadi pada motor yang menggunakan cairan pendingin saja. Sesuai namanya, cairan ini berfungsi untuk menyerap panas pada saat mesin bekerja. Ketika sirkulasi cairan pendingin ini tidak bekerja dengan normal, maka akan membuat proses pendinginan tidak berjalan sempurna. Akibatnya panas mesin tidak terserap dengan baik dan mesin menjadi panas. Selain itu adanya kebocoran pada saluran sirkulasi yang menyebabkan cairan pendingin ini habis juga bisa menjadi penyebab terjadinya overheat.

  • Sirkulasi oli

Oli berfungsi untuk melumasi mesin agar tidak terlalu panas saat bekerja akibat adanya daya gesek. Jika sirkulasi oli bermasalah, bisa menyebabkan tidak semua bagian mesin terlapisi oleh oli. Akibatnya gesekan pada mesin akan menyebabkan panas. Selain itu, pada beberapa motor yang dilengkapi dengan oil cooler juga bisa mengalami overheat ketika irkulasi oil cooler ini terganggu. Oil cooler adalah oli khusus yang memang berfungsi untuk meredam panas mesin.

  • Kipas pendingin

Sama halnya mobil, motor juga memiliki kipas pendingin yang berfungsi untuk meredam panas mesin saat bekerja. Ketika kipas mati, mesin akan kehilangan satu sistem pendinginnya sehingga membuat mesin mengalami panas.

  • Beban motor

Untuk kamu yang sering membawa beban berlebih saat mengendarai motor, sebaiknya mulai ubah kebiasaanmu tersebut. Sebab kebiasaan ini akan membuat mesin motormu bekerja lebih keras sehingga mempercepat panasnya mesin. Apalagi jika kamu berkendara di jalur macet dan cuaaca terik, maka kondisi tersebut akan semakin memperparah kondisi mesin motormu.

Nah setelah mengetahui penyebabnya, kamu jadi bisa mencegahnya dengan lebih memperhatikan seluruh komponen motormu. (Vita)

Share this...
Share on Google+Share on FacebookTweet about this on TwitterPin on PinterestShare on StumbleUponShare on LinkedIn
Tags :

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *