4 Provinsi Penghasil Minyak Bumi yang Cukup Besar

kilang minyakTidak bisa disangkal, Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah. Tidak hanya di atas permukaan tanah, sumber daya alamnya juga tersimpan di bawah permukaan tanah seperti minyak bumi, misalnya. Dengan demikian, tidak heran jika kita tidak perlu repot saat mencari tempat jual solar industri karena kita bisa menemukannya dengan mudah. Nah, lantas provinsi mana saja sih yang bisa menghasilkan minyak bumi cukup besar di Indonesia? Coba simak daftarnya berikut ini, ya!

  1. Papua Barat. Wilayah pertama yang masuk ke dalam daerah penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia adalah Papua Barat. Hal ini tidak mengherankan sebab Papua Barat memiliki wilayah yang cukup luas dan sumber daya alamnya, termasuk di dalamnya adalah minyak bumi, cukup berlimpah. Menurut beberapa informasi, Papua Barat bisa menghasilkan 14.812 barel per hari. Tidak hanya itu, Papua Barat juga memiliki sumur minyak serta unit pengilangan milik perusahaan minyak dalam negeri.
  2. Sumatera Selatan. Selain Papua Barat, Sumatera Selatan juga termasuk ke dalam provinsi penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia. Persebaran wilayahnya meliputi Lematang, Ogan Komering, Rimau, Pendopo, dan juga Raja blok. Mengingat Sumatera Selatan bisa menghasilkan 41.057 barel per hari, di provinsi ini juga ditemukan unit penyulingan minyak bumi milik Pertamina untuk selanjutnya disalurkan ke masyarakat. Seperti yang kita tahu, minyak bumi harus melalui 6 tahap pengolahan terlebih dahulu.
  3. Jawa Timur. Meski menjadi provinsi terpadat di Indonesia, tidak disangka bahwa Jawa Timur menjadi salah satu provinsi penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia. Jawa Timur memiliki ladang minyak yang cukup berlimpah serta memiliki blok minyak utama yang disebut sebagai blok minyak Cepu. Per harinya, Jawa Timur mampu menghasilkan 52.616 barel. Jumlah produksi minyak ini kebanyakan dikelola oleh perusahaan minyak luar negeri dan dalam negeri.
  4. Kalimantan Timur. Tidak heran jika Kalimantan Timur masuk ke dalam daftar ini. Pasalnya, salah satu kota yang termasuk di dalam provinsi ini yaitu Balikpapan bahkan dijuluki sebagai “Kota Minyak”. Kalimantan Timur mampu menghasilkan 134.626 barel minyak per hari. Untuk lokasi pengeborannya sendiri, Kalimantan Timur memiliki beberapa wilayah seperti Sanga-Sanga, Mamburungun, Kutai, dan blok Mahakam. Tidak hanya itu, Kalimantan Timur juga memiliki kandungan gas alam yang cukup besar selain kandungan minyak bumi.

Itu dia empat provinsi yang menghasilkan minyak bumi cukup besar di Indonesia. Kamu sudah tahu belum? Jangan lupa share, ya!

Share this...
Share on Google+Share on FacebookTweet about this on TwitterPin on PinterestShare on StumbleUponShare on LinkedIn
Tags :

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *