5 Tips Memilih Asuransi Kendaraan Terbaik

Bagi Anda yang baru memiliki kendaraan bermotor, melindunginya dengan asuransi kendaraan merupakan sesuatu yang lumrah untuk dilakukan. Hanya saja, di tengah banyaknya asuransi kendaraan bermotor yang ada di pasaran, bagaimana cara memilih asuransi yang terbaik untuk kendaraan Anda? Beberapa pertimbangan di bawah ini mungkin bisa membantu Anda untuk memilih asuransi yang tepat.

  1. asuransi kendaraan mobilPahami kebutuhan Anda. Memilih jenis asuransi yang tepat bisa lebih mudah bila Anda sudah lebih dulu mengetahui kebutuhan Anda. Untuk bisa mengenali kebutuhan ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, misalnya saja jenis kendaraan yang didaftarkan, usia kendaran, serta penggunaan mobil tersebut.
  2. Sesuaikan asuransi dengan kebutuhan. Secara umum ada dua jenis asuransi kendaraan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi, yakni asuransi all risk dan asuransi total loss only. Paket jaminan all risk merupakan asuransi yang menjamin risiko kecelakaan secara menyeluruh sementara asuransi total loss only hanya menjamin kehilangan atau kerusakan kendaraan di atas 75% dari nilai mobil.
  3. Perhatikan kredibilitas dan reputasi perusahaan. Kredibilitas dan reputasi dari perushaan akan memberikan Anda gambaran bagaimana pengerjaan klaim Anda nantinya. Anda bisa melihat review dari pengguna asuransi sebelumnya, atau bertanya pada kerabat dan teman Anda yang pernah menggunakan jasa asuransi dari perusahaan tersebut. Tanyakan bagaimana pelayanannya, seberapa cepatkah klaim pemiliki asuransi direspon oleh perusahaan.
  4. Rekanan perusahaan. Cari tahu bengkel mana saja yang menjadi rekanan atau berada dalam jaringan perusahaan asuransi tersebut. Apakah sudah banyak yang masuk di dalamnya, dan berada dimana sajakah bengkel tersebut. Hal ini penting karena dapat memastikan pelayanan klaim yang cepat bagi Anda di kemudian hari.
  5. Bandingkan benefit atau keuntungan lain. Satu lagi yang dapat mempermudah pilihan Anda adalah dengan membandingkan benefit atau keuntungan tambahan yang ditawarkan oleh satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Tentu saja, pilihlah tawaran yang paling menguntungkan untuk Anda.

Itu dia beberapa hal yang bisa menjadi bahan pertimbangan untuk Anda. Semoga membantu dan selamat mencoba!

Share this...
Share on Google+Share on FacebookTweet about this on TwitterPin on PinterestShare on StumbleUponShare on LinkedIn

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *