5 Vitamin Untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Selama ini, mungkin kamu sudah tahu bahwa setiap vitamin memiliki manfaat tersendiri untuk tubuhmu. Mulai dari vitamin A yang bisa meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh, mencegah terjadinya kanker, melembapkan kulit, hingga manfaat vitamin C yang mampu mencegah sariawan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Lantas, bagaimana dengan vitamin yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh? Apa Anda sudah tahu beberapa di antaranya? Jika belum, coba cek artikel berikut ini, yuk!

  1. Vitamin BVitamin B1. Vitamin yang ampuh untuk meningkatkan metabolisme salah satunya adalah B1. B1 sendiri banyak ditemukan pada ragi, biji-bijian, kacang-kacangan, sereal, daging, dan juga sayuran hijau. Vitamin B1 berperan dalam mencerna karbohidrat dan berperan sebagai koenzim atau senyawa organik yang diperlukan enzim. Ada beberapa tanda tubuh kekurangan vitamin B ini, di antaranya kehilangan nafsu makan, sulit tidur, dan gangguan daya ingat.
  2. Vitamin B2. Selain vitamin B1, vitamin lain yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh adalah vitamin B2. Vitamin B2 sendiri memiliki dua bentuk koenzim dan berperan untuk menghasilkan energi di dalam tubuh. Tidak hanya itu, vitamin B2 juga mampu mendorong reaksi metabolik dalam tubuh. Kamu bisa menemukan vitamin B2 dalam yoghurt, kedelai, susu, jamur, bayar, tempe, susu kambing, kacang almond, dan juga telur.
  3. Vitamin B7. Kamu bisa mendapatkan asupan vitamin B7 dalam kedelai, daging, dan kuning telur. Vitamin B7 sendiri berperan dalam glukoneogenesis atau proses pembentukan glukosa karena vitamin ini mampu mentransfer karbon dioksida dalam berbagai reaksi dan menjadi bagian dari pembuatan molekul glukosa baru.
  4. Vitamin C. Vitamin C memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita dan salah satunya adalah meningkatkan metabolisme. Hanya saja, efektivitas vitamin ini tidak akan ditunjukkan secara langsung. Vitamin C akan menjaga sistem kekebalan tubuhmu agar proses metabolisme berjalan dengan baik. Kamu bisa mengonsumsi jeruk atau anggur untuk menambah asupan vitamin C di tubuhmu.
  5. Vitamin B12. Selain beberapa vitamin yang sudah disebutkan di atas, vitamin B12 juga mampu meningkatkan metabolisme tubuh, lho. Pasalnya, vitamin B12 dipercaya mampu mempercepat reaksi biokimia untuk proses metabolisme energi yang diperoleh dari protein dan lemak. Untuk menambah asupan vitamin B12, kamu bisa mengonsumsi kerang, hati, gurita, kepiting, daging sapi, dan juga keju.

Itu dia beberapa vitamin yang bisa membantu proses metabolisme agar berjalan lancar. Jangan lupa untuk memasukannya dalam daftar menu makan harian agar kesehatan tubuh tetap terjaga, ya.

Share this...
Share on Google+Share on FacebookTweet about this on TwitterPin on PinterestShare on StumbleUponShare on LinkedIn

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *