Beberapa Tipe Jendela Rumah yang Wajib Diketahui

Jendela rumah merupakan bagian terpenting di rumah yang biasa digunakan sebagai media untuk sirkulasi udara. Dengan adanya jendela ini, maka udara di dalam rumah pun akan terus berganti dengan yang baru sehingga tidak akan memunculkan rasa apek, lembab, bahkan pengap. Tidak hanya itu, pemasangan jendela di posisi yang tepat bisa membuat rumah tetap hangat meskipun cuaca dingin. Biasanya, jendela rumah ini dilengkapi dengan kusen UPVC yang akan mempercantik tampilan jendela serta mencegah terjadinya jendela pecah pada saat dipasang.

Nah, terdapat beberapa jenis jendela rumah yang wajib Anda ketahui, apa sajakah itu? Yuk, langsung kita simak pembahasannya di bawah ini, cekidot;

  1. jendela swing
    jendela swing

    Jendela Swing. Jendela Swing merupakan salah satu tipe dari jendela rumah yang memiliki bentuk keluar menyamping. Jendela tipe ini biasanya dibuat persegi panjang dan kerap digunakan untuk jendela di rumah, hotel, restaurant, café, dan sebagainya. Umumnya, pada saat pemasangan jendela ini juga dilengkapi dengan friction stay yang berguna untuk mengatur seberapa besar jendela akan dibuka serta terlindungi dari kencangnya hembusan angin.

  2. Jendela Casement. Jika dilihat sekilas, jendela tipe ini memang hampir mirip dengan jendela swing, akan tetapi perbedaannya untuk jendela casement ini memiliki dua pintu dan dibuka ke bagian kiri maupun kanan. Karena mempunyai dua pintu ini maka jendela pun bisa dibuka selebar mungkin. Namun, Anda tentu harus berhati-hati saat menggunakan jendela tipe ini, sebab jika angin kencang tidak menutup kemungkinan malah membuat jendela terombang-ambing.
  3. Jendela jungkit. Mungkin saat mendengar kata jungkit, maka yang langsung terpikirkan oleh Anda adalah jungkat-jungkit yang sering dijadikan sebagai permainan anak-anak. Akan tetapi, ini bukanlah jungkat-jungkit yang dimaksud, namun model jendela yang sering dipasang untuk hunian. Tipe jendela ini biasanya menggantung dengan bukaanya mengarah ke bagian bawah dan bentuk jendela tidaklah terlalu besar dibandingkan jendela sebelumnya.
  4. Jendela geser. Berbeda dengan jendela sebelumnya, jendela tipe geser atau dikenal pula dengan jendela sliding ini dibuka dengan cara digeser, entah itu ke bagian samping kanan ataupun kiri. Meskipun begitu, untuk ukuran dari jendela ini bisa dibilang hampir sama dengan jendela swing dan casement.

Selain itu, masih terdapat jendela lain yang bisa dimanfaatkan seperti jendela mati (sering digunakan untuk ruangan yang ber-AC) dan jendela boven. Itulah beberapa tipe jendela yang bisa Anda pasang untuk hunian. –SH–

Share this...
Share on Google+Share on FacebookTweet about this on TwitterPin on PinterestShare on StumbleUponShare on LinkedIn
Tags :

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *