sel kanker

Inilah Penyebab Kanker dan Cara Mencegahnya

Istilah kanker pasti sudah sangat familiar di telinga setiap orang. Penyakit yang satu ini juga memiliki berbagai jenis yang terdapat di bagian tertentu. Pengobatan untuk penyakit yang sangat tidak diduga ini juga membutuhkan banyak biaya, maka dari itu akan sangat disarankan bagi Anda untuk segera menggunakan asuransi online untuk mencegah dan menanggulangi hal-hal yang tidak diinginkan. Penyakit ini juga memiliki tanda-tanda yang tidak terlalu signifikan hingga penderitanya terkadang mengetahui keberadaan penyakit ini di tubuh mereka saat kondisinya sudah mulai parah. Namun apa saja sih hal-hal tentang kanker yang perlu dipahami dan diwaspadai?

Dilansir dari alodokter, kanker adalah istilah yang digunakan untuk mengelompokkan penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel yang tidak terkontrol. Pertumbuhan sel yang tidak normal ini awalnya terjadi di bagian tubuh tertentu, kemudian dapat menyebar ke bagian tubuh lain, bahkan mampu menembus serta menghancurkan jaringan tubuh normal. Di dunia kedokteran, terdapat lebih dari 200 jenis kanker berdasarkan asal jaringan tempat sel tersebut tumbuh. Untuk penyebabnya itu sendiri, dapat dibagi menjadi dua. Faktor itu adalah faktor internal dan eksternal.

  • Faktor internal.¬†

Penyebab internal adalah kemungkinan yang diakibatkan oleh gen yang diturunkan oleh keluarga. Gen yang diturunkan ini memiliki persentase kecil yang menyebabkan penderita memiliki penyakit kanker.

  • Faktor eksternal.

Kebanyakan, kanker disebabkan oleh faktor eksternal yang terjadi setelah kelahiran dan tidak diwariskan oleh keluarga. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan kanker yaitu merokok, radiasi, virus, bahan kimia, penyebab kanker (karnosigen), obesitas, hormon, peradangan kronis dan kurangnya frekuensi Anda berolahraga.

Namun, sebelum mengobati alangkah baiknya untuk mencegah. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan demi menjadi sehat dan menghindar dari risiko kanker adalah:

  • Mengonsumsi makanan sehat, mengurangi makanan yang cepat saji, menghindari alkohol dan berhenti merokok.
  • Menjaga berat badan agar tetap ideal dengan olahraga rutin minimal 30 menit setiap harinya.
  • Melindungi diri dari paparan sinar matahari dengan pakaian atau tabir surya dengan minimal 30 kadar SPFnya, terutama antara pukul 10 pagi sampai pukul 4 sore.
  • Hindari kebiasaan melakukan¬†tanningatau menggelapkan kulit, baik secara alami di bawah sinar matahari maupun dengan¬†tanning bed yang biasa dilakukan di salon.
  • Menghindari hal-hal yang bisa meningkatkan risiko kanker, misalnya melakukan seks bebas, berbagi pakai jarum suntik, atau menggunakan narkoba.
  • Melakukan vaksinasi terhadap infeksi virus yang bisa memicu terjadinya kanker, misalnya virus hepatitis B dan HPV.

Jika Anda merasa memiliki beberapa pertanyaan mengenai apa yang Anda rasakan, tanyakan lanjut dengan dokter untuk mengetahui tindakan medis apa yang harus dilakukan.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *