Kebiasaan Ini Dapat Membuat Mobil Tetap Terawat

Apa sih yang biasa Anda lakukan agar mobil tetap terawat dengan baik? Umumnya, para pengendara mengutamakan kualitas oli yang digunakan. Mungkin ada di antara Anda yang mengutamakan oli mobil. Tak peduli berapa harga oli mobil tersebut, yang penting kualitasnya yang terbaik. Namun masih banyak lagi pengecekan yang harus dilakukan untuk merawat mobil, selain oli agar performa mobil tetap prima. Apa sajakah itu? Yuk simak di bawah ini.

  1. Mengganti Oli Secara Rutin

Merawat MobilBukan hanya kualitasnya, mengganti oli secara rutin juga perlu diperhatikan. Oli berfungsi sebagai penahan gesekan agar mesin mobil dapat bekerja dengan mulus. Jadi jika tidak diganti secara rutin, otomatis mesin mobil Anda akan terganggu. Meskipun ketentuan waktu mengganti oli pada setiap mobil berbeda-beda, umumnya oli mobil mesti diganti setiap menempuh jarak 3000-5000 km.

  1. Mengecek Radiator

Radiator berfungsi sebagai komponen yang menetralkan suhu panas dalam mesin. Untuk mengeceknya Anda perlu mematikan mesin kendaraan terlebih dahulu dan jangan di saat keadaan mesin masih panas. Jika air radiatior kosong, dikhawatirkan dapat membuat mesin cepat panas (overheat) yang berbahaya untuk mesin dan pengemudi mobil. Air radiator rata-rata perlu diganti ketika sudah mencapai jarak tempuh 1000 km.

  1. Rutin Memeriksa Ban

Sebelum mengendarai mobil, pastikanlah Anda sudah mengecek tekanan dan ketebalan ban. Paling tidak pemeriksaan ban dilakukan sebulan sekali. Jika Anda tidak rutin memeriksanya, dikhawatirkan sewaktu-waktu ban bisa bocor bahkan mencelakakan Anda saat perjalanan.

  1. Periksa Baterai dan Kabel Mobil

Komponen listrik mobil juga perlu diperhatikan. Pastikan Anda rutin memeriksa aki, kabel, dan komponen lainnya bebas dari kotoran dan karat.

  1. Periksa Sistem Pencahayaan

Tak lupa juga Anda perlu memeriksa lampu-lampu di mobil. Pastikan lampu depan, lampu belakang, sein dan lampu rem dapat berfungsi dengan baik agar tidak terjadi miskomunikasi dengan kendaraan lain yang bisa berakibat kecelakaan.

  1. Mengganti Wiper

Wiper mobil juga sama pentingnya untuk diperhatikan. Biasanya wiper yang terlalu lama tidak diganti bisa menyebabkan kaca depan tergores. Paling tidak gantilah wiper setahun sekali.

Nah, apakah Anda sudah rutin melakukan kebiasaan di atas agar mobil tetap awet? (Rima)

Share this...
Share on Google+Share on FacebookTweet about this on TwitterPin on PinterestShare on StumbleUponShare on LinkedIn

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *