Kenali 2 Jenis Lemas Pada Tubuh

Rasa lemas atau lesu yang melanda tubuh seringkali membuat aktivitas seseorang menjadi terganggu. Itulah sebabnya, banyak yang kemudian mengonsumsi vitamin untuk tubuh fit, sebagai sumber energi saat sedang lesu. Dengan begitu, diharapkan tubuhnya kembali siap dan bersemangat untuk memulai aktivitas. Sayangnya, tidak semua orang berhasil mengusir lemas dengan cara ini.

lemasSebenarnya, hal pertama yang harus Anda lakukan dalam rangka mengatasi masalah lemas ini adalah dengan mengetahui penyebabnya. Yap, tanpa mengetahui penyebabnya, masalah ini mungkin hanya akan teratasi secara sementara saja. Namun, sebelum kita membahas mengenai penyebab dari lemas, ada baiknya jika Anda mengenali terlebih dahulu 2 jenis lemas pada tubuh seperti yang dikutip dari situs alodokter. Sebab, berbeda jenisnya akan berbeda pula penyebabnya.

  • Lemas tidak sungguhan

Kondisi ini terjadi akibat adanya masalah atau gangguan secara psikologis. Seseorang yang mengalami kondisi ini, tidak memiliki masalah apapun terkait kesehatannya secara fisik. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalami lemas ini, yaitu:

  1. Stres
  2. Depresi
  3. Terlibat masalah dalam hidup (terkait percintaan, kantor, dan sebagainya)
  4. Tekanan pekerjaan
  5. Penyalahgunaan zat (alkohol dan obat-obatan)
  6. Gangguan kepribadian
  7. Gangguan mental organik

Untuk lemas tidak sungguhan, biasanya baru akan terdeteksi ketika penderitanya memeriksakan diri ke dokter terkait lemas yang dirasakan. Namun, karena masalahnya bukan pada masalah fisik melainkan psikis, maka tidak akan ada penyakit apapun yang dapat terdeteksi. Jika sudah begini, cara satu-satunya adalah mengonsultasikan masalah yang dihadapi dengan ahli kejiwaan.

  • Lemas sungguhan

Kondisi ini terjadi akibat adanya masalah kesehatan secara fisik ataupun adanya pengaruh lingkungan. Beberapa penyebab lemas sungguhan ini yaitu:

  1. Dehidrasi
  2. Gizi yang tidak terpenuhi
  3. Menderita suatu penyakit tertentu
  4. Kehilangan banyak darah
  5. Hamil
  6. Masa penyembuhan
  7. Kurang atau terlalu banyak tidur
  8. Cuaca di sekitar
  9. Efek samping dari obat atau tindakan pengobatan

Pada kondisi lemas sungguhan, biasanya akan disertai dengan beberapa gejala lainnya. Tergantung dari penyakit yang menjadi penyebab munculnya rasa lemas.

Masalah tubuh yang lemas tidak bisa diabaikan begitu saja, khususnya jika kondisi ini terjadi secara berkepanjangan. Sebab, tidak hanya dapat mengganggu aktivitas keseharian Anda, rasa lemas juga bisa menjadi tanda adanya masalah yang serius pada tubuh Anda. (Vita)

Share this...
Share on Google+Share on FacebookTweet about this on TwitterPin on PinterestShare on StumbleUponShare on LinkedIn
Tags :

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *