Kesalahan Saat Makan di Restoran Jepang

wasabi dan kecap asinSiapa yang tidak suka makanan Jepang? Selain rasanya yang enak, makanan Jepang juga sangat bergizi. Makanan Jepang memang terkenal sebagai makanan yang mengandung banyak nutrisi serta manfaat vitamin C dan mineral karena terbuat dari bahan-bahan yang segar. Hanya saja, rasa suka kita terhadap makanan Jepang tidak lantas membuat kita paham dengan budaya makan yang sesungguhnya di restoran Jepang. Cek kesalahan yang sering kita lakukan di restoran Jepang berikut ini:

  1. Mencampur wasabi dengan kecap asin. Adalah hal yang biasa untuk melihat masyarakat Indonesia mencampurkan wasabi dengan kecap asin di restoran sushi. Padahal kebiasaan ini tidak benar. Menurut Reader Digest, cara makan yang benar adalah dengan mencelupkan sushi di dalam kecap lalu membalurkan wasabi langsung di atas sushinya.
  2. Menggosok sumpit. Kebiasaan menggosok sumpit antara satu dengan yang lainnya setelah dilepaskan merupakan sesuatu yang wajar. Hal ini kita lakukan untuk membersihkan serbuk-serbuk kayu yang menempel. Akan tetapi, ternyata kebiasaan ini tidak disarankan untuk dilakukan jika kita makan di restoran Jepang. Sebab hal ini dianggap merendahkan martabat restoran dan menganggap bahwa restoran tersebut menyediakan sumpit berkualitas buruk. Kalaupun sumpit yang diterima memiliki serbuk kayu, mintalah sumpit baru alih-alih menggosoknya.
  3. Memberikan makanan ke orang lain dengan menggunakan sumpit sendiri. Sering mengoper makanan dengan sumpit pribadi? Nah, sebaiknya ubah deh kebiasaan ini. Sebab mengoper makanan dengan sumpit mengimplikasikan kebiasaan masyarakat Jepang untuk mengangkat tulang manusia saat dikremasi. Kalau ingin mengoper makanan, tarulah di atas piring kecil sebelum diberikan.
  4. Makan sushi dengan jahe. Jahe merupakan side dish yang selalu ada di restoran sushi. Untuk menambah rasa, orang Indonesia senang mencampur sushi dengan jahe sebelum dimakan. Nah, sebetulnya jahe ini tidak boleh dimakan bersamaan dengan sushi. Sebab jahe ini dimaksudkan untuk menetralkan indera perasa kita. Makanlah jahe sebelum atau sesudah makan sushi.

Empat kesalahan di atas merupakan kesalahan yang biasa kita lakukan di restoran Jepang.

Share this...
Share on Google+Share on FacebookTweet about this on TwitterPin on PinterestShare on StumbleUponShare on LinkedIn

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *