Keuntungan Mengajukan Pinjaman Online

Mengajukan pinjaman adalah hal yang biasa dilakukan oleh masyarakat saat membutuhkan dana. Baik mengajukan pinjaman ke lembaga keuangan resmi yang terdaftar di OJK, maupun pinjaman pada lembaga ataupun individu yang tidak terdaftar di OJK. Bahkan sekarang mulai banyak yang memanfaatkan pinjaman online untuk memenuhi kebutuhan dananya. Fasilitas ini dipilih karena dianggap paling praktis jika dibandingkan dengan mengajukan pinjaman pada lembaga keuangan.

pinjaman uang onlineYap, pinjaman online memang bisa memberikan keuntungan khususnya bagi Anda yang membutuhkan dana dalam jangka waktu cepat. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah penjelasannya:

  • Anda tidak perlu repot pergi ke suatu tempat jika ingin mengajukan pinjaman. Cukup dengan memanfaatkan internet dan membuka website, Anda sudah bisa mengajukan pinjaman. Saat ini sudah cukup banyak situs pinjaman online yang tersedia. Anda tinggal membandingkan saja situs mana yang menurut Anda paling pas.
  • Seluruh proses dilakukan secara online, termasuk juga dengan pengisian formulir. Ini akan mempermudah Anda karena tidak perlu lagi repot menyiapkan berbagai dokumen atau mengisi formulir secara manual.
  • Proses apakah pengajuan kredit diterima atau tidak akan lebih cepat jika dibandingkan dengan mengajukan pinjaman di lembaga keuangan yang terdaftar di OJK. Sebab OJK memiliki berbagai aturan terkait hutang piutang yang harus ditaati oleh lembaga keuangan ini. Berbeda dengan kreditur (pihak pemberi pinjaman) yang tidak terdaftar di OJK, yang memiliki aturannya sendiri mengenai hutang piutang ini.
  • Beberapa kreditur online ini tidak meminta jaminan apapun pada debitur (pihak peminjam), sehingga mempermudah debitur ketika tidak ada barang yang bisa dijaminkan ketika akan meminjam uang. Namun tentunya tidak ada jaminan bukan berarti lalu Anda bisa seenaknya meminjam uang dan kemudian pergi begitu saja. Biasanya kreditur ini akan meminta Nomor KTP, kontak keluarga, dan teman sekantor.

Memang mengajukan pinjaman secara online ini sangat mudah, cepat, dan praktis. Namun bukan berarti Anda boleh memanfaatkannya secara sembarangan. Sebab setelah Anda mengajukan pinjaman, secara otomatis Anda memiliki beban untuk melunasinya. Selain itu, bunga yang dibebankan cenderung cukup tinggi. Jadi sebaiknya hanya gunakan fasilitas ini ketika Anda benar-benar membutuhkannya saja. (Vita)

Share this...
Share on Google+Share on FacebookTweet about this on TwitterPin on PinterestShare on StumbleUponShare on LinkedIn

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *