Lakukan Tips Ini Agar Bisa Bayar Utang Secara Tuntas dan Tepat Waktu

Utang bukanlah hal yang diharamkan bagi kondisi finansial Anda. Terutama bila Anda berutang untuk hal-hal penting, misalnya ekspansi bisnis. Bahkan kini banyak platform yang dapat memfasilitasi Anda untuk mendapatkan pinjaman tambahan modal. Salah satunya adalah Momaju yang dapat membantu Anda mendapatkan pinjaman pribadi non bank.

bayar hutangMelalui Momaju, Anda dapat mengurus pinjaman dengan jaminan berupa gadai BPKB mobil atau jaminan lainnya sesuai kemampuan dan besar pinjaman. Selanjutnya, Anda hanya perlu mengatur keuangan secara cermat agar bisa membayar pinjaman tepat waktu. Jangan lupa lakukan tips ini ketika membayar utang:

Memperhitungkan Kemampuan Membayar

Jangan berutang melebihi kemampuan Anda untuk membayar. Jadi, Anda memang harus memperhitungkan kondisi finansial Anda dengan tepat. Demikian pula halnya bila Anda mengajukan utang untuk bisnis. Pastikan bahwa keuntungan bisnis Anda dapat disisihkan untuk membayar utang. Perhitungan yang cermat tak akan membuat Anda kesulitan melunasi utang di kemudian hari.

Mencatat Waktu Pembayaran Utang

Sesaat setelah menerima pinjaman, Anda tak boleh hanya bersantai-santai menggunakan pinjaman tersebut. Justru Anda harus mencatat waktu pembayaran utang agar termotivasi untuk mengumpulkan uang sesegera mungkin. Jangan sampai Anda terlambat membayar utang. Terutama bila ada denda atau bunga yang dibebankan bila terlambat membayar atau mengangsur.

Meningkatkan Omset Bisnis

Anda harus berupaya meningkatkan omset bisnis agar bisa mendapatkan keuntungan maksimal. Lakukan proses promosi secara gencar untuk menambah jumlah pelanggan. Karena keberadaan pelanggan-pelanggan baru adalah solusi untuk meningkatkan pendapatan bisnis. Bukan mustahil bila Anda memperoleh omset besar dari para pelanggan baru tersebut.

Meminimalkan Penggunaan Kartu Kredit

Sebaiknya Anda meminimalkan penggunaan kartu kredit ketika sedang memiliki utang lainnya. Karena penggunaan kartu kredit hanya akan memperbesar beban utang Anda. Tagihan kartu kredit membuat Anda makin terbebani dengan bunga yang besar. Alangkah lebih baik Anda fokus mengelola utang untuk mengembangkan bisnis. Sehingga keuntungan bisnis semakin berlipat ganda sesuai perhitungan.

Kalau Anda punya pengalaman melunasi utang secara lancar dan tepat waktu, berarti Anda sudah mahir mengelola kondisi keuangan bisnis. Anda pun tak perlu ragu mengajukan pinjaman di Momaju untuk menggapai target bisnis yang lebih besar di masa mendatang.

Share this...
Share on Google+Share on FacebookTweet about this on TwitterPin on PinterestShare on StumbleUponShare on LinkedIn

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *