Perbedaan Fiber Optic dan Kabel Tembaga

Pasti sudah sering mendengar tentang kabel fiber optic dong? Atau kamu bahkan sudah memanfaatkan internet fiber optic di rumah? Nah, untuk kamu yang menggunakannya, apa kamu benar-benar mengetahui tentang internet ini? Atau hanya sekadar ikut-ikutan karena internet fiber optic saat ini sedang popular?

perbedaan kabel tembaga dan kabel optikMungkin beberapa dari kamu sudah paham tentang teknologi ini sehingga memilihnya, tapi pasti masih banyak yang belum mengetahuinya. Cuma tahu bahwa internet dengan fiber optic lebih bagus daripada kabel tembaga biasa. Nah jika kamu termasuk salah satunya, nggak perlu khawatir. Kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan internet dengan kabel tembaga dan kabel fiber optic.

  • Kabel fiber optic memiliki kapasitas bandwidth yang sangat besar, berbeda dengan kabel tembaga yang cenderung kecil. Semakin besar ukuran intinya maka akan semakin besar pula bandwidth dan juga kualitasnya dalam mentransmisikan data.
  • Untuk kecepatan transmisi data, kabel fiber optic juga memiliki keunggulan dibandingkan dengan kabel tembaga. Inilah yang membuat kecepatan koneksinya lebih tinggi dibandingkan dengan kabel tembaga.
  • Kabel fiber optic cenderung memiliki koneksi yang lebih stabil dibandingkan dengan kabel tembaga. Sebab kabel ini tidak mudah terpengaruh oleh gelombang ataupun kondisi cuaca. Berbeda dengan kabel tembaga yang sangat mudah terpengaruh. Akibatnya koneksi akan mengalami gangguan ketika digunakan dalam cuaca buruk.
  • Ukuran kabel fiber optic sangat tipis, sebesar helaian rambut. Selain itu materialnya yang terbuat dari kaca membuatnya rentan mengalami kerusakan, sehingga membutuhkan lapisan khusus untuk melindunginya.
    Harga instalasinya tergolong mahal jika dibandingkan dengan kabel tembaga biasa. Sebab untuk instalasinya memerlukan teknik dan alat khusus. Sementara untuk instalasi kabel tembaga lebih mudah karena lebih fleksibel.

Kabel fiber optic ini juga umum digunakan untuk jaringan penghubung di bawah laut. Makanya kamu pasti sering, kan, mendengar kejadian koneksi internet bermasalah akibat fiber optic bawah laut yang putus. Biasanya hal ini disebabkan karena tersangkut atau terkena jangkar kapal yang melintas.

Intinya, baik kabel fiber optic maupun kabel tembaga memiliki kelebihan dan kekurangannya. Mana yang lebih baik? Kamu sendirilah yang menentukan. (Vita)

Share this...
Share on Google+Share on FacebookTweet about this on TwitterPin on PinterestShare on StumbleUponShare on LinkedIn

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *