Pertanda Tubuh Terlalu Banyak Mengonsumsi Gula

Setiap orang pastinya punya preferensi tersendiri tentang makanan dan minuman yang mereka suka. Ada yang suka rasa asin, tawar, atau bahkan manis. Nah, untuk rasa manis ini sendiri, banyak sekali nih yang menjadi penggemarnya. Tidak sedikit dari masyarakat yang lebih memilih rasa manis untuk makanan atau minumannya, semata karena memang gula sangat enak untuk dikonsumsi. Bahkan terkadang ada yang mengonsumsinya secara berlebihan hingga mengalami masalah kesehatan dan harus memanfaatkan asuransi kesehatan untuk mengobati masalah tersebut.

penyakit diabetesYa, mengonsumsi gula secara berlebihan akan berdampak negatif bagi tubuh kita. Lantas, bagaimana cara tahu bahwa kita sudah terlalu banyak mengonsumsi gula? Ini tanda-tandanya:

  1. Sering lelah. Sudah istirahat cukup namun tetap merasa lelah sepanjang hari? Bisa jadi, itu karena tubuh terlalu banyak mengonsumsi gula. Ketika gula darah stabil, maka energi juga akan stabil. Sebaliknya, ketika tubuh terlalu banyak mengonsumsi gula, maka gula darah yang tidak stabil dan naik turun juga akan berdampak pada energi. Tidak heran, setelah mengonsumsi cake atau makanan manis lainnya, kita kerap merasa lelah atau mengantuk.
  2. Tidak bisa berhenti makan makanan manis. Jika kalian tidak bisa berhenti makan makanan manis atau terus menerus ingin makan sesuatu yang manis meski perut sudah kenyang, nah hati-hati nih. Sebab bisa jadi, tubuh kita sudah kecanduan gula. Sebab saat tubuh sudah terlalu banyak mengonsumsi gula, maka hormon akan membuat tubuh merespon seperti gelombang: kadar gula akan naik lalu turun drastis dan membuat tubuh selalu menginginkan gula. Jika sudah begini, akan sangat sulit untuk menghentikannya.
  3. Eits, jangan salah: jerawat juga bisa muncul ketika kita mengonsumsi gula secara berlebihan, llho. Sebab menurut beberapa dokter kulit, ketika insulin meningkat akibat asupan gula, banyak orang yang merasa sensitif dan berdampak pada kulit. Kenaikan insulin ini kemudian akan mengganggu hormon lain yang kemudian membuat kulit menjadi berjerawat.
  4. Berat badan terus naik. Nah, kalau yang ini pastinya sudah bisa kalian prediksi, dong? Yap, ketika kita mengonsumsi banyak gula, itu artinya tubuh akan mengalami kelebihan gula sekaligus kelebihan kalori. Terjadinya penumpukan kalori dan gula kemudian membuatnya bertransformasi menjadi sel lemak. Selain menjadi lemak berlebih, sel-sel ini juga bisa memicu diabetes. Meskipun kalian sudah sarapan pagi untuk mencegah diabetes sekalipun, tetapi jika konsumsi gula berlebih, risiko penyakit ini tetap saja bisa terjadi.

Itu dia beberapa tanda bahwa kalian mengonsumsi banyak gula. Semoga membantu dan semoga bermanfaat, ya!

Share this...
Share on Google+Share on FacebookTweet about this on TwitterPin on PinterestShare on StumbleUponShare on LinkedIn

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *