Selain Telat Makanan, Hal ini yang Bisa Memicu Sakit Maag

Ketika seseorang mengeluh sakit maagnya kambuh, maka pada umumnya orang di sekitarnya akan menganggap bahwa telat makan adalah penyebabnya. Hal ini wajar, karena saat ini tingkat aktivitas setiap orang cenderung tinggi yang akhirnya membuatnya sering melupakan jadwal makan. Jika sudah begini, maka obat penyakit lambung seperti Promag akan dipilih untuk mengatasi masalah maag tersebut. Apalagi, kemasan Promag sangat praktis untuk di bawa kemanapun, sehingga bisa dikonsumsi kapanpun dibutuhkan.

sakit maagAkan tetapi, ternyata anggapan bahwa sakit maag disebabkan oleh telat makan tidak sepenuhnya benar. Sebab, masih ada beberapa penyebab sakit maag, yaitu:

  • Makanan

Cukup banyak orang yang memiliki jadwal makan teratur tetapi tetap bisa terkena sakit maag. Jika kamu termasuk di antaranya, coba perhatikan lagi jenis makanan yang kamu konsumsi. Sebab, bisa saja makanan yang kamu konsumsi ini dapat meningkatkan produksi asam lambung seperti beberapa buah atau sayur yang memiliki rasa asam, seperti lemon atau tomat. Selain itu, sebaiknya hindari atau kurangi konsumsi beberapa makanan yang dapat mengiritasi lapisan esofagus pada lambung, seperti makanan dengan rasa yang terlalu pedas.

  • Minuman

Mungkin saja, kamu sudah menjaga jadwal dan juga menu makananmu. Akan tetapi, jika kamu mengonsumsi makanan sehat tersebut dengan minuman yang dapat meningkatkan asam lambung atau mengiritasi lapisan esofagus, maka risiko sakit maag akan kambuh tetaplah tinggi. Beberapa contoh minuman yang dimaksud adalah minuman beralkohol, minuman bersoda, kopi, dan teh.

  • Stres

Jadwal makan teratur, makanan dan minuman yang dikonsumsipun aman, tapi kok masih kambuh juga sakit maagnya? Nah, jika kamu mengalaminya, mungkin saja penyebabnya adalah stress. Yap, ketika pikiranmu sedang stres karena suatu hal, maka akan menyebabkan peningkatan produksi asam lambung. Selain itu, stres dapat menurunkan kadar hormon prostaglandin yang berfungsi untuk memperkuat barrier pelindung lapisan lambung dari asam lambung. Hal ini akan semakin diperparah jika stres yang kamu alami, menyebabkanmu kehilangan nafsu makan.

Jika kamu merasa tidak mengalami atau melakukan salah satu dari tiga poin di atas, tetapi sakit maag masih sering kambuh, ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Sebab, bissa saja penyebabnya adalah infeksi bakteri Helicobacter Pylori (H.pylori) atau reaksi dari obat-obatan rutin yang kamu konsumsi. Dengan melakukan konsultasi secepatnya ke dokter, kamu akan dapat segera mengatasi masalah ini dengan cara yang tepat. (Vita)

Share this...
Share on Google+Share on FacebookTweet about this on TwitterPin on PinterestShare on StumbleUponShare on LinkedIn
Tags :

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *