cahaya alami

Tips Memanfaatkan Cahaya Alami untuk Rumah yang Lebih Indah

Pencahayaan merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam mendesain sebuah ruangan. Dalam mengatur pencahayaan, bukan hanya lampu saja yang bisa dimanfaatkan tetapi bisa juga memanfaatkan cahaya alami dari matahari. Bagaimana caranya? Tentu hal pertama yang harus dilakukan adalah memasang jendela upvc untuk membiarkan cahaya alami ini masuk ke dalam rumah. Namun, pengaturan pencahayaan alami ini juga tidak bisa sembarangan. Cahaya matahari yang langsung masuk ke ruangan melalui jendela biasanya terlalu kuat dan silau. Maka dari itu, Anda perlu melakukan beberapa hal dibawah ini supaya bisa mendapat pencahayaan yang pas dari cahaya alami:

  • Menggunakan cermin

Supaya ruangan terang, Anda tidak perlu memasang jendela besar di banyak sisi. Seperti yang telah dijelaskan di atas, hal itu hanya akan membuat ruangan menjadi terlalu silau dan memiliki temperatur yang tinggi. Salah satu cara menyebarkan cahaya matahari adalah dengan menggunakan cermin. Letakkan cermin di sebrang jendela maka ruangan akan menjadi terang seketika karena cahaya yang masuk dipantulkan oleh cermin.

  • Memasang dinding reflektif

Agar cahaya matahari bisa tersebar ke seluruh ruangan, Anda juga bisa memanfaatkan material reflektif sebagai permukaan dinding. Misalnya seperti bahan metal, keramik, atau ubin kaca.

  • Mengecat ruangan dengan warna putih

Warna putih akan membuat ruangan terlihat lebih terang. Karena itu, jika Anda ingin ruangan terlihat terang tanpa jendela yang berlebihan, sebaiknya dominasi ruangan dengan warna putih. Selain warna putih, Anda juga bisa memilih warna cool-tone seperti abu-abu muda, biru muda, dan lain-lain.

  • Memilih sekat transparan

Jika Anda ingin memberikan cahaya yang cukup pada beberapa ruangan, sebaiknya hindari sekat masif. Pilihlah sekat transparan sehingga cahaya yang masuk ke dalam satu ruangan akan dapat tersebar ke ruangan lainnya juga.

  • Pasang skylight

Jika memasang jendela di dinding, mungkin cahaya yang masuk akan terlalu kuat dan silau. Beda halnya dengan memasang skylight atau jendela di langit-langit rumah. Cahaya yang masuk tidak akan terlalu kuat dan dapat tersebar ke seluruh ruangan dengan baik.

Itu dia lima tips yang bisa Anda terapkan untuk mengatur pencahayaan alami. Selamat mencoba! (Rima)

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *