5 Cara Mencari Dana untuk Event Sekolah

5 Macam Cara Mencari Dana untuk Event Sekolah Kamu

Pernah menjadi panitia dalam sebuah acara sekolah? Apalagi kamu menjadi ketua panitia? Penting sekali untuk mencari dana untuk event agar acara bisa terselenggara sesuai dengan rencana. Hanya saja kamu tidak bisa mengandalkan dana dari sekolah saja.

Kamu bisa mencari sponsor atau mencari dana dari ide kreatif yang menghasilkan uang. Kerahkan semua anggota panitia dan juga siswa di sekolah supaya dana bisa lebih cepat terkumpul. Untuk bisa mendapatkan dana ini, ada beberapa cara kreatif yang bisa diandalkan. Apa saja itu?

5 Cara Mudah Mencari Dana Untuk Event Sekolah

Sudah menyusun proposal sebagai modal cari sponsor untuk event? Bagi kamu yang sudah berpengalaman pasti tahu bahwa mencari sponsor ini tidaklah mudah. Kamu mungkin akan menawarkan proposal dana ke beberapa perusahaan yang memiliki produk dengan target konsumen anak muda, tapi tak berhasil juga.

Kegiatan mencari dana untuk event sekolah yang bisa kamu andalkan bukan hanya menemukan sponsor melalui proposal saja. Jika kamu hanya menggunakan cara ini, sudah pasti dana tidak akan terkumpul dengan cepat dan mencukupi.

Ada baiknya untuk mengandalkan cara lain dalam mengumpulkan dana. Banyak ide kreatif yang bisa kamu lakukan bersama teman sekolah lainnya. Berikut ini ide kreatifnya.

1. Membuka Garage Sale

Cara paling mudah dan tidak membutuhkan modal, kamu bisa membuka garage sale. Kumpulkan semua barang-barang bekas miliki siswa yang masih bisa digunakan untuk dijual kembali.

Tentu saja dengan banyaknya siswa yang berpartisipasi, maka barang bekas yang dikumpulkan akan lebih banyak. Tentukan waktu membuka garage sale yang tepat dan jangan lupa untuk memberikan label harga sesuai dengan kondisi barang.

Cara mencari dana untuk event ini bisa dilakukan dalam beberapa hari sampai sebagian besar barang terjual. Supaya acara garage sale berhasil, kamu harus pandai dalam mempromosikannya. Manfaatkan media sosial, jangan lupa kamu bisa membuka garage sale secara online juga, sehingga menjangkau lebih banyak orang.

2. Live Music di Cafe

Daripada kamu mengamen untuk mencari dana untuk event di jalanan, akan lebih keren lagi jika melakukannya di cafe. Beberapa cafe yang memiliki layanan live music biasanya membuka peluang bagi siswa yang suaranya bagus untuk bisa menyanyi dan dibayar.

Live music di cafe

Carilah teman atau mungkin kamu sendiri yang hobi menyanyi untuk aktif mengikuti live music di beberapa cafe. Selain itu cari juga siswa yang pintar bermain music supaya acara live music jadi lebih menarik dan bisa mengumpulkan dana lebih banyak.

Ikut live music bahkan bisa membuat siswa jadi lebih terkenal karena suara bagus atau kepiawaian dalam bermain musik. Tidak jarang juga yang akhirnya terus bernyanyi meskipun dana terkumpul dan acara telah diselenggarakan.

3. Menjual Makanan

Kalau cara yang satu ini membutuhkan modal dan kamu bisa merekrut siswa atau anggota panitia yang pandai memasak. Ada banyak jenis makanan ringan yang bisa dibuat seperti jajanan pasar atau camilan yang dikemas ulang berukuran lebih kecil.

Kamu bisa menjualnya di kantin sekolah, kepada para guru, siswa dan masyarakat umum. Camilan biasanya yang paling menguntungkan karena hampir setiap orang sangat suka ngemil.

Cara lainnya adalah dengan berjualan di acara bazar, supaya menarik perhatian kamu bisa menjelaskan kepada konsumen bahwa dana akan digunakan untuk event sekolah. Trik ini cukup menarik konsumen untuk memborong makanan yang dijual.

4. Membuka Jasa Titip

Pernah dengar jastip atau jasa titip? Saat ini sudah banyak yang membuka jasa ini, kebanyakan di Instagram. Jastip cukup efektif sebagai cara mencari dana untuk organisasi saat pandemi.

Di saat orang tidak bisa berbelanja keluar secara langsung, kamu menyediakan jasa untuk membeli kebutuhan mereka. Tentu saja keuntungan dari jastip bisa digunakan mencari dana untuk event.

Keuntungannya sendiri tidak bisa dianggap remeh karena sekali jastip kamu bisa mengambil untung 10 ribu sampai 50 ribu tergantung jenis barang apa yang ingin dibeli. Jika produknya limited edition kamu bisa mengambil untung lebih tinggi lagi.

5. Mengadakan Open Paid Promote

Saat ini cara mencari dana untuk organisasi secara online yang cukup terkenal adalah open paid promote di Instagram. Cara ini tidak membutuhkan modal sama sekali karena kamu hanya perlu mengumpulkan dan mendata akun Instagram semua siswa di sekolah.

Paid Promote

Nantinya akun ini bisa menjadi bisnis untuk mengumpulkan dana dengan menawarkannya ke toko online. 1K followers biasanya memiliki harga seribu rupiah, jika di sekolah kamu terdapat 100k followers maka dikalikan saja, berapa dana yang akan terkumpul.

Kunci keberhasilan menjalankan open paid promote adalah konsisten memilih dan mencari online shop dengan teliti. Setelah itu menciptakan konten yang menarik sesuai promosi dari online shop tersebut, kemudian diupload ke semua akun tersebut.

Bagaimana, apakah kamu sudah terpikirkan cara mana saja yang akan dimulai terlebih dahulu? Jangan hanya pilih satu cara karena ada banyak siswa yang bisa digerakkan untuk bersama-sama mencari dana untuk event demi terciptanya acara yang diinginkan.

Semua kegiatan ini pun sifatnya positif, bahkan beberapa ada yang bisa dikembangkan juga menjadi bisnis pribadi.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.