keamanan data

Amankan Data Perusahaan Melalui Data Center

Mengelola data perusahaan bukanlah hal yang mudah karena prosesnya yang sangat rumit, terlebih jika data berjumlah cukup banyak dan saling terintegrasi satu sama lainnya. Padahal data merupakan sesuatu yang sangat penting dan berperan besar dalam kelangsungan hidup perusahaan. Itulah salah satu alasan mengapa banyak perusahaan yang memanfaatkan provider data center Indonesia untuk mengelola datanya.

Namun, jika menggunakan pihak ketiga, apakah hal ini aman? Apalagi banyak data dari perusahaan yang bersifat confidential atau rahasia.

Tentu saja, menggunakan jasa provider seperti ini sangatlah aman karena mereka akan menjaga kerahasiaan semua data yang berada di data center mereka. Tidak hanya itu saja, penggunaan data center justru bisa mengamankan data perusahaan Anda dari segala risiko, yaitu:

  • Risiko Fisik

Risiko ini artinya ancaman kerusakan data dari masalah yang terjadi secara fisik. Beberapa contoh di antaranya yaitu kerusakan perangkat server akibat musibah seperti banjir atau gempa bumi. Selain itu, bisa juga akibat pencurian perangkat.

Semua hal tersebut tidak akan terjadi jika Anda memanfaatkan data center. Sebab lokasi penempatan data center wajib memenuhi beberaopa persyaratan penting, seperti jauh dari daerah rawan bencana, tidak memiliki blind spot yang memungkinkan jalur masuk pencuri, dan sebagainya.

  • Risiko Digital

Selain risiko fisik, adanya pencurian data yang dilakukan secara digital atau yang disebut cyber crime juga harus menjadi perhatian khusus. Bahkan cyber attack saat ini merupakan hal yang sangat umum terjadi dan tidak hanya menyerang perusahaan besar saja, tetapi juga perusahaan kecil. Inilah salah satu alasan mengapa perusahaan skala kecil juga membutuhkan data center.

Sebab, meskipun koneksi antara server dengan perusahaan dilakukan melalui jaringan internet, tetapi provider data center akan menjamin keamanan jaringannya dari serangan tersebut. Dengan begitu, proses pengiriman dan penerimaan data dapat berlangsung lancar tanpa hambatan.

Adanya masalah pada data, apalagi jika sampai kehilangan data, dapat menyebabkan kerugian yang tidak sedikit. Bahkan banyak perusahaan yang harus tumbang akibat hal tersebut. Itulah mengapa, memastikan keamanan pengelolaan data sangat penting.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.