Bolehkah Mengisi Angin Ban Mobil Secara Berlebihan?

Bolehkah mengisi angin ban mobil secara berlebihan? Tidak menutup kemungkinan, sebagai pengendara Anda pasti sering kebingungan dengan kondisi ini, kan? Nah, melansir dari showroommobil, mengisi angin ban secara berlebihan sebenarnya tidak baik karena dapat menimbulkan berbagai kemungkinan terburuk. Apalagi, kalau mobil tersebut digunakan sebagai truk tambang, tentu ini akan semakin berdampak buruk, baik untuk pengendara maupun mobil itu sendiri.

Agar semakin jelas, berikut kami rangkum beberapa dampak yang ditimbulkan apabila Anda terlalu berlebihan mengisi angin ban mobil. Here we go!

  1. Ban sangat rawan meletus. Pastikan, untuk tidak mengisi angin ban sampai berlebihan karena sangat rawan meletus. Ini terjadi karena permukaan ban menjadi tipis saat bergesekan dengan aspal, itulah sebabnya mudah meletus. Tentu, jika kondisi ini dibiarkan malah dapat membayakan keselamatan Anda, kan? Untuk itu, isilah angin ban mobil sesuai dengan standar yang sudah ditentukan dan usahakan untuk berlebihan.
  2. Bagian tengah ban cepat habis. Siapa sangka, pengisian angin ban yang sangat berlebihan, maka dapat mengakibatkan bagian tengah ban lebih cepat habis dan licin. Hal ini akibat bagian tengah ban yang menonjol akibat pengisian berlebihan akan cepat bersentuhan dengan aspal di jalanan. Karena itulah, ban tersebut cepat habis dan permukaannya pun menjadi licin.
  3. Ban lebih mudah selip. Yang paling fatal adalah membuat ban mobil menjadi lebih mudah selip. Ini karena ban mobil yang terlalu padat apabila bergesekan dengan aspal, dapat mengakibatkan thread ban menjadi kaku dan cengkeramnya berkurang. Kondisi ini sangat berpotensi membuat ban mobil selip. Apabila Anda tidak berhati-hati ketika mengendarai mobil, tentu dapat membahayakan diri sendiri.
  4. Daya serap getaran ban berkurang. Semakin tinggi angin dalam ban, maka biasanya volume udara yang terdapat di ban tersebut akan semakin besar pula. Jika kondisi ini tidak segera diatasi, tentu menyebabkan daya serap getaran ban menjadi berkurang. Tidak hanya itu, ban mobil pun menjadi lebih keras dan ketika dikendarai malah membuat kita menjadi tidak nyaman.

So, jangan mengisi angin ban mobil secara berlebihan jika tidak mau mengalami kejadian di atas, ya! –SH–

Tags :

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.