Cara Cek Harga Tiket Pesawat Promo

Ketika suntuk akan rutinitas pekerjaan yang membuat pikiran penat dan fisik lelah, pergi berlibur adalah salah satu solusi yang tepat. Tetapi terkadang waktu libur yang diberikan kantor tidak terlalu banyak. Hanya libur setiap akhir pekan dan juga libur hari raya atau akhir tahun. Waktu akan terbuang di perjalanan dan liburan pun akan sia-sia.

Memilih pesawat sebagai transportasi untuk liburan jangka pendek adalah solusinya. Tetapi banyak orang yang enggan karena harganya yang mahal. Tidak perlu khawatir, karena kini maskapai penerbangan sering menawarkan harga tiket pesawat promo.

Harga tiket pesawat memang terbilang cukup mahal dibandingkan transportasi lain. Tetapi sebanding dengan penawaran waktu tempuh yang ditawarkan. Menaiki pesawat untuk jarak tempuh yang jauh memakan waktu jauh lebih singkat dibandingkan dengan transportasi darat atau laut.

Cara Cek Harga Tiket Pesawat Promo
Cara Cek Harga Tiket Pesawat Promo Online

Mahal atau murahnya harga tiket pesawat sangat relatif, tergantung perusahaan maskapai, kelas atau kelengkapan fasilitas, serta jarak tempuh itu sendiri. Jadi jika ingin menaiki pesawat tetapi tidak memiliki budget yang besar, Anda harus pintar-pintar memilih pesawat mana yang cocok bagi Anda. Selain itu, jika Anda sabar, nantikan saja hingga maskapai penerbangan mengadakan promo tiket pesawat. Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan harga promo tiket pesawat terbang.

Faktor di Balik Penentuan Harga Tiket Pesawat

Anda mungkin penasaran mengenai bagaimana dan apa saja yang bisa dilakukan agar mendapatkan tiket pesawat promo. Tetapi sebelum itu, simak beberapa informasi yang berkaitan dengan harga tiket pesawat. Yaitu faktor atau hal-hal yang menyebabkan perbedaan harga tiket pesawat. Berikut penjelasannya.

  • Jenis dan Model Pesawat

Seperti halnya transportasi darat seperti bis, pesawat juga memiliki beberapa tipe, jenis, atau model serta kelas pelayanan yang berbeda-beda. Biasanya untuk jenis pesawat yang berbadan kecil atau berkapasitas penumpang sedikit, harga yang dipasang juga relatif mahal. Mahal bukan berarti nominalnya lebih besar. Tetapi fasilitas yang didapat dirasa kurang dan harus menambah beberapa tambahan biaya agar penerbangan terasa nyaman.

Sebagai contohnya, pesawat dengan awak kecil menyediakan bagasi gratis dengan berat yang sedikit bagi penumpang. Tak jarang penumpang terlanjur membawa barang bawaan yang cukup banyak dan berakhir membayar biaya tambahan kelebihan bagasi.

Dengan harga yang murah juga, terkadang tidak dilengkapi jamuan makan di pesawat padahal jarak tempuh cukup jauh atau memakan waktu cukup lama di udara. Jika tidak ada persiapan dan kebetulan lapar saat di pesawat, penumpang terpaksa mengeluarkan uang untuk membeli makanan yang disediakan oleh crew pesawat. Harga tiket yang dirasa murah di awal pun menjadi mahal karena biaya-biaya tambahan yang harus dikeluarkan penumpang.

  • Biaya operasional

Biaya operasional untuk menerbangkan pesawat juga sangat mempengaruhi nominal harga tiket pesawat. Kegiatan operasional meliputi pengisian bahan bakar, biaya pegawai atau crew pesawat saat terbang, biaya pemasaran, operasional dapur pesawat, dan sebagainya. Jika dirinci lebih jelas, misalnya untuk kepegawaian bisa meliputi jumlah crew cabin dan juga gaji pilot sesuai dengan level atau pangkatnya.

  • Biaya pemeliharaan

Selain biaya operasional, biaya pemeliharaan juga sangat mendominasi. Pesawat tidak boleh dibiarkan saja ketika tidak ada jadwal penerbangan. Para teknisi pesawat bertanggung jawab untuk memelihara kualitas performa pesawat. Mulai dari mesin, instrumen-instrumen di bagian kokpit, hingga kualitas fasilitas yang digunakan penumpang harus dijaga dengan baik.

Maka dari itu, perusahaan maskapai penerbangan juga akan mengeluarkan biaya yang besar untuk gaji teknisi pesawat. Selain itu juga membutuhkan alat dan bahan-bahan yang digunakan teknisi untuk kepentingan perawatan pesawat. Tentunya alat-alat yang digunakan merupakan alat yang canggih dan memiliki harga yang mahal.

Pegawai keuangan perusahaan pun harus memperhitungkan pengeluaran pemeliharaan pesawat dalam satu periode. Akumulasi biaya tersebut kemudian dibebankan kepada penumpang melalui tiket pesawat. Jadi apabila sebuah maskapai penerbangan melakukan peaawatan secara berkala dan rutin, memungkinkan harga tiket pesawat menjadi lebih mahal. Namun, jika memungkinkan pihak maskpai akan sesekali memberikan harga tiket pesawat promo untuk menarik penumpang.

  • Peraturan pemerintah

Selain faktor internal, ada juga faktor eksternal yang mempengaruhi perbedaan harga tiket pesawat antara perusahan maskapai satu dengan yang lain. Salah satunya adalah adanya peraturan yang dibuat pemerintah tentang batas harga tiket pesawat.

Pemerintah telah membuat peraturan mengenai harga terendah dan harga tertinggi yang diperbolehkan bagi seluruh maskapai penerbangan di Indonesia. Pemerintah tidak mewajibkan semua maskapai memiliki harga yang sama persis, tetapi setidaknya memiliki batasan yang sama. Penentuan harga dikembalikan ke internal perusahaan maskapai. Seberapa besar porsi atau persentase beban operasional dan sebagainya kepada penumpang. Dan sisanya biaya murni untuk jasa transportasi.

  • Bagasi

Bagasi gratis bagi penumpang pesawat menjadi poin yang tidak boleh dilewatkan. Banyak harga tiket yang murah tetapi memberikan batas bagasi yang sedikit atau bahkan tidak sama sekali.

Cermati lebih jeli tentang apa saja yang akan Anda dapatkan dengan sebuah tiket pesawat. Kadang kala Anda mendapati tiket maskapai A lebih mahal dibandingkan dengan maskapai B. Tetapi maskapai A menawarkan limit bagasi yang lebih berat dibandingkan maskapai B.

Pilih tiket yang paling sesuai dengan Anda kondisi dan kebutuhan Anda. Apabila ingin membawa barang yang banyak, maka pilihlah maskapai A. Karena harga atau biaya bagasi tambahan maskapai B setelah dijumlahkan dengan tiket belum tentu lebih murah dibandingkan yang ditawarkan oleh maskapai A. Tetapi, jika barang bawaan Anda sedikit dan tidak melewati limit, pilih saja maskapai B.

Tips Mendapatkan Promo Tiket Pesawat

Setelah mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan perbedaan harga tiket pesawat, Anda mungkin akan menjadi lebih jeli ketika mendapatkan beberapa penawaran tiket pesawat yang berbeda maskapai. Tetapi, jika Anda lebih sabar dan jeli, Anda bisa melakukan beberapa tips di bawah ini untuk mendapatkan potongan harga untuk tiket pesawat. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Manfaatkan Aplikasi Pencari Tiket Online

Downloadlah beberapa aplikasi pencari tiket online di ponsel Anda. Cari tiket Anda dan cek perubahan harga secara berkala. Jika telah menemukan harga yang cocok, segera lakukan pembelian karena promo tidak akan ditawarkan dalam periode yang lama.

  • Terbuka dengan Alternatif Bandara Lain

Bandara yang lebih dekat rumah tidak selalu lebih efisien dan tidak membuang ongkos transportasi darat. Coba pilih bandara yang lebih padat yang paling dekat dengan kota Anda. Maskapai penerbangan akan menawarkan harga yang lebih murah di bandara-bandara tertentu.

  • Tidak Kaku akan Jadwal Keberangkatan

Siapkan rencana keberangkatan dengan beberapa pilihan. Cek harga tiket di semua tanggal yang Anda rencanakan sebelumnya dan pilihlah tiket yang paling sesuai.

Dengan informasi diatas, siapkah Anda untuk berburu tiket pesawat promo? Yakinkah Anda bisa mendapatkan tiket yang sesuai dengan rencana liburan dan isi kantong Anda? Yakinlah, coba, dan buktikan sendiri dengan melakukan tips-tips di atas. Luangkan waktu Anda dan perhatikan dengan jeli ketika sedang mencari harga tiket promo. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.