anak perempuan bingung depan buku

Jurusan Kuliah Yang Jadi Favorit Anak IPS, Mana Pilihanmu?

Kegiatan perkuliahan saat ini bisa dilakukan dengan mudah, terlebih dengan adanya sistem kuliah online yang mulai gencar ditawarkan oleh universitas. Ada banyak jurusan yang bisa dipilih, utamanya berbagai jurusan favorit dan populer di kalangan mahasiswa.

Meski dibatasi pada jurusan tertentu, namun anak IPS juga bisa memilih jurusan favorit yang bahkan tidak kalah pamor dengan pilihan jurusan anak IPA. Beberapa jurusan yang bisa dipilih tersebut bahkan masuk kategori jurusan populer sepanjang zaman. Berikut ini ada beberapa jurusan favorit untuk anak IPS, diantaranya:

Jurusan Hubungan Internasional

Jurusan satu ini memang favorit mahasiswa, masuk kategori jurusan bergengsi yang ada di Universitas. Mahasiswa jurusan ini akan belajar segala sesuatu yang berhubungan dengan aktivitas interaksi, yakni interaksi yang melintasi batas negara (contohnya dalam kegiatan diplomasi, perdagangan luar negeri, politik luar negeri, hukum internasional, globalisasi, dan ekonomi internasional).

Mahasiswa jurusan ini juga akan belajar mengenai organisasi antarpemerintah (IGO), organisasi non pemerintah internasional (INGO), organisasi non pemerintah (NGO), pemerintah multinasional (MNC), serta hubungan antar negara yang didalamnya juga termasuk peran sejumlah negara.

Jurusan Hukum

Jurusan yang satu ini sangat terkenal di kalangan mahasiswa, karena prospek kerjanya yang terbilang luas di masa depan. Mahasiswa jurusan hukum akan mempelajari segala sesuatu tentang hukum, baik dalam hal secara teori maupun praktek. Sesuai dengan namanya, jurusan ini mahasiswa akan banyak mempelajari mata kuliah yang berhubungan dengan hukum.

Prospek kerja jurusan nya sendiri tentunya tergantung dari peminatan yang dipilih, alumni bisa menjadi seorang pengacara, Jaksa, Hakim, konsultan hukum, dan lainnya. Menariknya lagi, karyawan juga bisa mengikuti perkuliahan jurusan ini di kelas karyawan. Karena saat ini banyak universitas yang menyediakan sistem kuliah satu ini untuk berbagai jurusan, termasuk jurusan hukum.

Jurusan Perpajakan

Jurusan satu ini mempelajari beragam hal yang berkaitan dengan perpajakan, mulai dari berbagai perspektif mulai dari segi hukumnya, ekonomi, maupun akuntansi. Setelah lulus, jurusan alumni ini diharapkan mampu menyusun laporan perpajakan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Mahasiswa jurusan ini juga diharapkan mampu menyelesaikan masalah dalam hal administrasi perpajakan, kemudian mampu membuat laporan keuangan sesuai dengan standar hukum yang berlaku di Indonesia. Selain mengikuti perkuliahan, kamu juga bisa mendalami dunia perpajakan dengan mengikuti kuliah online secara gratis berbagai situs internet yang banyak tersedia saat ini.

Jurusan Psikologi

Psikologi sangat terkenal di kalangan mahasiswa, jurusan ini menjadi favorit di kalangan anak IPS. Psikologi sendiri merupakan ilmu yang berhubungan dengan jiwa, mental, dan juga pikiran manusia. Mahasiswanya belajar meneliti pemikiran serta alasan atas tindakan yang dilakukan oleh manusia, dimulai dari persepsi, teori, hingga informasi psikologi yang biasanya digunakan untuk menyelesaikan sebuah masalah.

Prospek jurusan ini juga terbilang luas, setelah lulus mahasiswa bisa menjadi seorang psikolog klinis, psikologi konseling, psikolog terapi, psikolog organisasi industri, human resources development, dan lainnya.

Jurusan Ilmu Komunikasi

Jelaskan satu ini sudah tidak asing lagi di telinga mahasiswa, mas sisakan belajar tentang cara berkomunikasi dengan baik. Komunikasi yang dimaksud memiliki banyak jenis, bukan hanya tentang komunikasi lisan saja. Meski tentang komunikasi, di jurusan ini mahasiswa akan belajar berbagai hal menarik seperti menulis berita, public speaking, fotografi, desain, membuat iklan, film, dan lain-lain.

Berbicara tentang prospeknya sendiri, alumni jurusan ilmu komunikasi memiliki prospek yang cukup luas saat ini. Alumni Ilmu Komunikasi bisa menjadi seorang public relation officer, spesialis Hubungan masyarakat, bekerja di media (cetak dan digital), dan lainnya. Jurusan satu ini juga tersedia kelas karyawan di banyak universitas, baik universitas negeri maupun swasta.

Jurusan Manajemen Pariwisata

Jurusan satu ini mempelajari tentang konsep penawaran serta permintaan pariwisata, termasuk di dalamnya berbagai faktor yang mempengaruhi. Berbagai bidang khusus yang dipelajarinya mulai dari pengembangan pariwisata, pengembangan atraksi wisata tentang budaya lokal, layanan untuk wisatawan, peningkatan kualitas sumber daya pariwisata, dan lainnya yang berhubungan dengan pariwisata.

Jurusan Sosiologi

Jurusan sosiologi ini memang khas dengan anak IPS, jurusan yang mempelajari tentang interaksi antara satu individu dengan individu lainnya. Di jurusan satu ini mahasiswa akan memfokuskan pembelajaran perihal interaksi, karena pada dasarnya interaksi sendiri memiliki bentuk yang beragam serta memiliki pengaruh langsung terhadap kondisi masyarakat.

Jurusan yang satu ini sangat cocok untuk mereka yang senang berinteraksi atau berkomunikasi dengan orang lain. Untuk prospek kerjanya sendiri terbilang luas, alumni jurusan sosiologi bisa bekerja di bidang peneliti sosial, spesialis media sosial, maupun sebagai sosiolog.

Selain berbagai jurusan di atas, masih ada beberapa jurusan favorit lainnya untuk anak IPS seperti Jurusan Kriminologi dan Jurusan Administrasi Bisnis. Untuk jurusan favorit sendiri, mahasiswa yang minim waktu luang bisa memanfaatkan sistem kuliah online di berbagai jurusan tersebut (Meski hanya segelintir jurusan saja yang bisa dipilih dan Universitas penyedianya juga terbatas)

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.