mengajarkan anak

Mengajarkan Anak Kedisiplinan, Berikut Cara-Caranya

Kedisiplinan adalah suatu sifat yang wajib dimiliki oleh setiap anak. Karena dengan kedisiplinan. Anak akan diajarkan tentang bagaimana berperilaku baik saat berada di rumah, di sekolah maupun di tempat bermain bersama keluarga dengan cara-cara yang sesuai dengan standar kelompok sosialnya. Pada prinsipnya disiplin adalah keharusan bagi  anak untuk  dapat menaati peraturan-peraturan yang berlaku di masyarakatnya. Kesalahan atau ketidakketatan dalam penanaman kedisiplinan sangat besar pengaruhnya terhadap pembentukan  perilaku anak. Sedangkan penanaman disiplin yang tepat akan menghasilkan terbentuknya perilaku moral yang baik atau positif bagi anak. Kedisiplinan sangat diperlukan untuk membangun karakter pada diri anak. Disiplin harus ditanamkan sedini mungkin, dimulai dalam keluarga oleh orang tua maupun orang dewasa di dalam rumah. Dengan artikel ini Anda akan diberikan beberapa hal yang dapat dilakukan oleh orang tua dalam mendisiplinkan anak.

  1. Lakukan kegiatan rutinitas

Untuk menanamkan kedisiplinan, orang tua dapat memberikan kegiatan rutin sebagai cara yang paling mudah untuk mengajarkannya kedisiplinan waktu. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan membangunkannya setiap pagi di jam yang sama kemudian mengajaknya makan dan mandi sebelum beraktivitas di kemudian harinya. Anak secara otomatis akan menjadi disiplin karena terbiasa dengan sendirinya.

  1. Jelaskan sesuatu dengan spesifik

Pasti akan sangat sulit bagi si kecil untuk memahami berbagai hal yang bersifat abstrak. Anak akan lebih mudah memahami jika orang tua menjelaskannya dengan lebih jelas dan detail. Karena hal ini, usahakanlah untuk menjelaskan segala sesuatu yang Anda inginkan untuk si kecil lakukan dengan jelas dan spesifik. Cobalah untuk menjelaskan dengan detail apa yang harus si kecil lakukan secara perlahan, dengan begini si kecil akan menjadi lebih paham akan suatu hal secara terbiasa.

  1. Ajarkan anak tentang apresiasi dan konsekuensi

Salah satu hal yang paling mudah untuk mengajarkannya kedisiplinan adalah dengan apresiasi dan konsekuensi. Jika si kecil melakukan hal baik dengan disiplin, maka berikanlah apresiasi dengan pujian. Namun jika si kecil melakukan hal yang tidak baik dan tidak disiplin, berikanlah dirinya konsekuensi yang telah disetujui sebelumnya. Misalnya dengan tidak membolehkannya bermain mainan yang lain sebelum membereskan mainan sebelumnya.

 

Itu dia beberapa hal mudah yang dapat Anda lakukan untuk mengajarkan si kecil kedisiplinan sejak dini. Semoga bermanfaat!

 

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.