Keunggulan Memakai E-Billing Untuk Bayar Pajak

Mengenal Berbagai Keunggulan Memakai E-Billing Untuk Bayar Pajak

Ebilling atau electronic billing menjadi opsi mudah dan cepat pembayaran pajak. Dengan cara ini Anda dapat membayar pajak dengan membuat kode billing. Jadi, Anda tidak perlu lagi repot mendatangi kantor pajak atau bank untuk melakukan pembayaran rutin.

Keunggulan E-Billing untuk Membayar pajak

Membayar pajak online lebih menguntungkan dibandingkan membayar secara konvensional. Keuntungan utamanya tentu saja proses yang lebih cepat dan mudah. Namun, bukan hanya itu, membayar pajak online juga memiliki berbagai keuntungan lain, seperti:

1. Mengisi Data Lebih Mudah

Pengisian data wajib pajak akan lebih mudah karena Anda bisa mengisinya melalui handphone. Anda juga akan langsung mendapatkan peringatan ketika terjadi salah pengisian data. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah mengetahui kesalahan dan membenarkan inputan data.

Data yang dimasukkan melalui aplikasi adalah yang berdasarkan pendaftaran sebelumnya dimana pihak Direktorat Pajak sudah memiliki data awal Anda. Jadi, pengisian data akan tersinkronisasi dengan data yang tersimpan.

2. Mempermudah proses pengisian data Wajib Pajak

Jika Anda mengakses e-billing melalui aplikasi, Anda juga bisa memanfaatkan fitur yang ada. Misalnya saja penyimpanan profil dan nomor wajib pajak, sehingga Anda tidak perlu menginputkan data ulang saat melakukan pembayaran pajak bulan selanjutnya.

Input data berulang kali dan harus mengingat semua informasi dari dokumen tertulis ke bentuk digital bisa melelahkan. Anda juga bisa membuat kesalahan karena human error. Tapi dengan pengisian laporan pajak online akan menyimpan data sebelumnya untuk dipakai sebagai data laporan pajak selanjutnya. Memang antara tahun ke tahun ada korelasinya.

3. Mengingatkan Pelaporan

Aplikasi lapor pajak juga dilengkapi dengan fitur pengingat pembayaran pajak. Anda hanya perlu menyalakan fitur ini, mensetting tanggal pelaporan sebelumnya dan secara otomatis aplikasi akan mengingatkan kalau Anda harus bersiap untuk pelaporan pajak selanjutnya.

Dengan memanfaatkan fitur pengingat, Anda tidak akan sampai telat membayar. Dengan demikian usaha bisa berjalan lancar tanpa ada pemotongan denda atau kendala lainnya. Mengurus pajak memang bukan hal mudah, tapi bukan sesuatu yang harus dihindari.

4. Lebih Akurat

Human error bisa saja terjadi saat melakukan pembayaran secara manual, misalnya kesalahan nomor billing hingga kesalahan pencatatan yang merugikan. Kesalahan yang dilakukan petuga pajak atau teller pembayaran pajak ini tidak akan terjadi ketika Anda membayar melalui e-billing.

Pasalnya, semua proses, mulai dari verifikasi data hingga pencatatan pembayaran dilakukan otomatis oleh sistem. Bahkan Anda yang tidak memiliki pengetahuan perpajakan bisa mengikutinya dengan mudah karena sudah tertulis dengan singkat dan padat. Yang Anda perlu lakukan hanyalah mengikuti panduannya.

5. Ramah Lingkungan

Pembayaran pajak elektronik melakukan pencatatan secara digital. Bukti pembayarannya pun tidak perlu dicetak. Dengan demikian, seluruh prosesnya akan lebih ramah lingkungan karena tidak membutuhkan kertas formulir data maupun kertas untuk mencetak bukti pembayaran.

Ini adalah cara penanganan yang akan semakin meluas di masa yang akan datang. Cara-cara manual dengan banyak dokumen dan kertas akan berganti dengan bentuk digital yang lebih aman, praktis dan juga ramah lingkungan. Jadi, lebih cepat Anda mempelajarinya akan lebih baik.

6. Mengakses Informasi dengan Mudah

Anda akan lebih mudah mengakses berbagai informasi penting, seperti status pembayaran pajak dan riwayat pembayaran pajak sebelumnya. Hal ini sangat berbeda dengan pembayaran pajak konvensional, yang mana Anda harus mencari struk untuk melihat riwayat pembayaran sebelumnya.

7. Pemantauan Pajak

Dari banyaknya manfaat lapor pajak secara online, hal yang terpenting adalah Anda bisa sesekali melihat kondisi pajak melalui aplikasi dan tidak perlu mencari dokumen yang belum tentu tertata dengan baik di satu tempat.

Anda bisa melakukan pengecekan untuk mengetahui keberhasilan pembayaran pajak yang dilakukan secara offline. Melihat sejarah laporan pajak dari tahun ke tahun dan membuat analisa keuangan yang tentu kadangkala dibutuhkan.

8. Dapat Dilakukan Dimanapun

Anda bisa membayar pajak dimanapun Anda berada dengan menggunakan aplikasi laporan pajak online. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi pembayaran pajak dan melakukan laporan dari manapun dan kapanpun.

Mengerjakannya di rumah tentu akan membantu Anda untuk fokus dibandingkan mendatangi kantor pajak dan mengantri. Ini adalah cara yang menjamin keamanan dan juga kenyamanan wajib pajak sehingga lebih banyak orang yang melakukannya.

9. Transaksi Realtime

Pencatatan pembayaran pajak online dilakukan secara realtime. Hal ini meminimalisir kemungkinan data hilang atau kesalahan lain yang menyebabkan keterlambatan pencatatan. Jadi, pastikan input data Anda sudah tepat sehingga bisa secara berkala diperbaharui sesuai dengan kebutuhan.

Bukan hanya Direktorat Pajak yang membutuhkan laporan pajak yang dimasukkan tepat pada waktunya. Perusahaan dimana Anda bekerja dan pihak terkait lainnya mulai memperhatikan kualitas individu yang bekerja dengan mereka sebagai orang yang membayar pajak dan tidak lalai melakukannya.

Terbukti bayar pajak melalui e-billing lebih menguntungkan dibandingkan membayar secara konvensional, bukan? Apalagi, dengan membayar pajak online, Anda tidak perlu lagi mengantri sehingga lebih efisien waktu. Beberapa penjabaran diatas menguatkan kalau cara ini akan semakin meluas di masa yang akan datang. Cukup koneksi internet yang stabil dan akses m-banking atau pembayaran melalui ATM saja sudah cukup untuk menuntaskan kewajiban bayar pajak Anda.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.