Turunkan Berat Badan Secara Alami dengan Diet Raw Food

Apakah Anda pernah menjalani diet raw food? Tidak menutup kemungkinan sebagian dari Anda mungkin sudah ada yang pernah mencoba menekuni diet satu ini. Namun, apakah Anda tahu, apa itu sebenarnya diet raw food dan seperti apakah aturan menjalani diet ini? Melansir dari situs alodokter, diet raw food merupakan salah satu cara kurus alami, dimana Anda hanya diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan mentah.

Diet Raw FoodMakanan mentah disini bukan yang tidak dimasak, melainkan diproses dalam suhu yang tidak boleh lebih dari 40 derajat celcius. Sebab, jika melebihi batas yang sudah ditentukan, maka dapat mengurangi kandungan nutrisi yang tersimpan di dalamnya. Untuk diet raw food ini sendiri terbagi menjadi beberapa bagian, yakni diantaranya:

  • Raw food vegetarian, masuk kategori pengonsumsi makanan jenis nabati namun masih tetap mengonsumsi susu dan telur. Namun, baiknya untuk telur harus dikonsumsi dalam keadaan setengah matang, karena takutnya nanti malah bisa membahayakan tubuh sebab diduga mengandung racun yang tidak baik untuk tubuh. Begitupun dengan susu, ada baiknya konsumsi susu yang sudah dipasteurisasi.
  • Raw food vegan, tidak mengonsumsi makanan hewani melainkan nabati. Akan tetapi, terkhusus untuk kacang-kacangan seperti kacang polong, kacang merah, kacang kapri sebisa mungkin jangan dimasukkan ke dalam diet ini. Lantaran, makanan ini dianggap menyimpan racun yang bisa membahayakan tubuh.
  • Raw food karnivora, mengonsumsi segala jenis macam makanan yang masuk ke dalam kategori hewani. Tetapi, untuk daging alangkah baiknya tidak dikonsumsi dalam keadaan mentah, lagi-lagi karena alasan racun yang sangat berbahaya bagi tubuh.
  • Raw food omnivora, mengonsumsi semua jenis makanan, baik itu hewani maupun nabati. Namun, untuk makanan mentah yang dilarang seperti daging, telur, ikan, dan sebagainya baiknya tidak dikonsumsi dalam keadaan mentah sebab dianggap mengandung racun yang berbahaya untuk kesehatan tubuh.

Dengan menekuni diet raw food ini, maka Anda akan memperoleh sejumlah manfaat, seperti misalnya;

  • Melancarkan sistem pencernaan
  • Memperhalus kulit
  • Mengurangi gejala sakit fibromyalgia
  • Mencegah timbulnya kolesterol jahat di tubuh
  • Mengurangi lemak jenuh yang tersimpan dalam tubuh
  • Menghindari munculnya penyakit jantung
  • Memberi energi yang cukup untuk tubuh

Dan untuk jenis makanan dan minuman yang bisa dikonsumsi apabila Anda menjalani diet satu ini adalah sebagai berikut:

  1. Rumput laut
  2. Buah kering
  3. Sayuran hijau
  4. Jus alami tanpa tambahan gula
  5. Air kelapa muda
  6. Cokelat rendah lemak, dan sebagainya.

Menjalani diet raw food memang memberikan sejumlah keuntungan untuk Anda, akan tetapi Anda harus selalu berhati-hati. Sebab, tidak semua jenis makanan bisa dikonsumsi dalam keadaan mentah, karena diduga mengandung racun yang tidak baik untuk tubuh.

Selamat mencoba!

Tags :

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.