motor vespa

5 Tips Merawat Vespa Kesayangan Agar Panjang Umur

Sejak dahulu, tren motor vespa tak pernah redup. Justru seiring dengan berjalannya waktu, vespa semakin berkembang. Bentuknya yang unik dan klasik memang membuatnya jadi pusat perhatian. Namun, memiliki vespa berarti harus mengerti cara perawatan tepatnya. Bukan hanya sekadar menggunakan oli samping Idemitsu saja, ada beberapa perawatan lain yang perlu kamu lakukan secara rutin jika ingin vespamu panjang umur!

  • Ganti oli mesin tepat waktu

Jangan pernah berpikir untuk menunda ganti oli mesin jika sudah waktunya. Sebab ada banyak risiko yang harus kamu tanggung jika telat ganti oli mesin, apalagi jika vespa sering digunakan. Disarankan untuk mengganti oli mesin setiap satu bulan sekali. Sementara jika kamu jarang menggunakannya, kamu bisa mengganti oli mesin setiap dua bulan sekali saja.

  • Gunakan bahan bakar beroktan tinggi

Punya vespa tua? Pastikan kamu menggunakan bahan bakar yang beroktan tinggi. Bahan bakar beroktan rendah seperti premium hanya akan meningkatkan risiko kerak atau jelaga dalam proses pembakaran. Akibatnya, kinerja mesin vespa jadi terganggu.

  • Rawat karburator dengan tepat

Karburator sangat berperan penting sebab komponen inilah bahan bakar dan udara dicampur dan dimasukkan ke dalam ruang bakar. Selain berperan penting, karburator juga berisiko tinggi mengalami kerusakan. Tak jarang motor vespa mogok karena adanya masalah pada karburator. Maka dari itu, pastikan kamu merawat karburator dengan tepat. Lepas dan bersihkan karburator dari kotoran yang menyumbat lubang-lubang aliran bensin.

  • Rawat aki dengan baik

Aki vespa juga merupakan komponen yang vital. Namun kebanyakan orang mengabaikan komponen yang satu ini. Padahal jika kamu kurang memerhatikan aki motor vespa tua, akan ada banyak risiko yang harus kamu tanggung. Rawatlah aki secara teratur, cegah kutub-kutub aki dari kerak atau karat dan pantai ketinggian air aki.

  • Perhatikan kondisi busi

Busi bertugas sebagai pemetik bunga api saat vespa digunakan. Jika tidak busi tidak bekerja dengan baik, maka vespa tuamu bisa mogok. Untuk merawat busi, kamu harus menggunakan oli samping yang berkualitas dan memerhatikan beberapa hali lain seperti bensin, CDI, dan coil.

Selain merawat komponen di atas, jangan lupa juga rawat kabel perseneling dan bersihkan keran bensin. Dengan demikian, usia vespamu bisa menjadi lebih lama.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.