mengendarai motor

Ini Alasan Kamu Wajib Pakai Helm Saat Naik Motor

Beli asuransi kendaraan jangan setengah-setengah, pilihlah asuransi yang terbaik. Begitu pula membeli helm, jangan beli yang kualitasnya hanya setengah, cari helm yang berkualitas dan memiliki sertifikasi SNI asli agar mendapat proteksi yang maksimal. Seperti yang umum diketahui, helm dapat melindungimu dari benturan jika terjadi kecelakaan. Tak ada yang tahu kapan nasib buruk bisa terjadi padamu dan ketika hal itu terjadi, kamu akan bersyukur karena menggunakan helm yang tepat. Namun, manfaat helm bukan hanya sekadar melindungimu dari benturan. Ini dia manfaat lain menggunakan helm yang perlu kamu ketahui.

  • Mencegah mata kelilipan

Tentunya saat memacu motor dengan kecepatan tinggi, sudah pasti angin akan terasa lebih kencang. Tanpa menggunakan helm, debu dan kotoran yang terbawa oleh angin mungkin saja masuk dan membuat mata tidak nyaman. Jangan remehkan, kelilipan bisa membuatmu sulit melihat jelas, sehingga bisa meningkatkan risiko kecelakaan saat berkendara. Nah, kaca pada helm dapat memproteksi mata dari angin, debu dan kotoran. Sehingga saat melaju dengan cepat, kamu tetap bisa melihat dengan jelas dan nyaman.

  • Melindungi dari terik sinar matahari

Sering berkendara di siang hari bolong? Pastinya sinar matahari terasa sangat terik. Bukan hanya membuatmu kepanasan, sinar matahari saat tengah hari juga tidak baik untuk kesehatan kulitmu. Berbagai risiko kerusakan kulit seperti bintik hitam, terbakar, bahkan hingga kanker kulit mengintaimu. Beda halnya jika menggunakan helm. Helm yang disertai dengan kaca anti sinar UV dapat melindungimu dari terik sinar matahari. Sehingga kulitmu lebih terjaga dan kamu pun bisa melihat lebih jelas tanpa terkena silau sinar matahari.

  • Memproteksi kepala saat hujan

Memang sebaiknya saat hujan kamu menepi, tapi terkadang karena satu dan lain hal kamu harus melanjutkan perjalanan dan menerobos hujan. Ketika hujan, helm akan membuatmu tetap terlindungi dari air, sehingga kepala tidak basah. Jangan lupa juga gunakan jas hujan dan juga sepatu boot ketika berkendara saat hujan.

  • Melindungi kepala dari benda keras

Terkadang kondisi di jalan raya tidak bisa ditebak. Tiba-tiba mungkin saja ada benda keras yang jatuh ke arah kepalamu. Helm juga bisa berfungsi ketika terjadi hal-hal seperti ini. Tanpa helm, mungkin benda keras tersebut sudah melukai kepalamu.

Jadi mulai sekarang jangan pernah lupa gunakan helm ya! (Rima)

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.