Toko kelontong

Agar Usaha Toko Kelontong Tak Gulung Tikar, Baiknya Jangan Lakukan Ini!

Selain menguntungkan, membuka usaha toko kelontong memang membantu masyarakat yang ingin membeli kebutuhan pokok untuk keperluan sehari-hari mereka. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa saat ini banyak sekali pedagang yang membuka usaha toko kelontong, baik itu di rumah maupun tempat yang ramai. Untuk itulah, kini Anda pun semakin dimudahkan ketika hendak mencari toko kelontong terdekat.

Meskipun demikian, membuka usaha di bidang toko kelontong ini tentu tidak mudah karena jika salah perhitungan bisa-bisa malah merugi bahkan sampai gulung tikar. Nah, untuk mengantisipasi kejadian ini, alangkah baiknya Anda tidak melakukan beberapa kesalahan ini ketika membuka toko kelontong. Langsung disimak!

  1. Memulai usaha toko kelontong dengan konsep seadanya. Apapun jenis usaha yang dibuka entah itu yang membutuhkan dana besar maupun kecil, tentu membutuhkan konsep supaya nantinya usaha tersebut berkembang dengan lancar dan mendatang untung besar. Begitupun dengan membuka usaha toko kelontong, Anda tentu harus punya konsep terlebih dahulu barulah kemudian bisa mengembangkannya. Meski sederhana, dengan adanya konsep ini tentu akan sangat membantu proses berjalanannya usaha toko kelontong Anda. Oleh sebab itulah, jangan sampai memulai usaha tanpa ada konsep.
  2. Banyak pembeli yang berutang pada Anda. Jika membuka usaha toko kelontong di dekat rumah memang kadang serba salah, lantaran banyaknya tetangga yang berniat untuk berutang di toko Anda. Bila tidak diutangkan, Anda pasti dibilang pelit dan terkadang ada saja yang mendoakan dagangan tidak laku. Padahal, dengan banyaknya pembeli yang berutang pada Anda, tentu Anda pun menjadi kesulitan mengatur pendapatan yang masuk. Untuk itu, seleksi kembali pembeli yang Anda beri kesempatan untuk berutang dan baiknya masih dalam batas wajar.
  3. Barang dagangan tidak lengkap. Pastikan, barang dagangan yang Anda jual lengkap meski jumlahnya terbatas. Dengan begini, tentu pembeli semakin tertarik berbelanja di toko Anda dan tidak pindah ke toko lainnya. Bisa dibayangkan, jika toko Anda tidak lengkap, tentu pembeli akan langsung kesal dan tidak mau lagi berbelanja di toko Anda. Jika terus dilakukan, tidak menutup kemungkinan toko Anda bisa gulung tikar. Oleh karena itu, jangan dilakukan, ya!

Selain yang sudah dituliskan di atas, beberapa tips saat baru membuka toko kelontong berikut ini juga bisa Anda terapkan:

  • Tidak ramah ketika melayani pembeli
  • Lokasi toko sangat jauh dari jangkauan
  • Terlalu besar mengambil untung
  • Modal usaha sangat minim

Semoga bermanfaat, ya!

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.