anak tidak mau makan

Anak Susah Makan? Ini Dia Cara Mudah Menyiasatinya

Memiliki anak yang sehat dengan nutrisi yang terpenuhi pastinya merupakan impian setiap orang tua. Namun tidak dapat disangkal bila si kecil terkadang memberikan kesulitan tersendiri untuk orang tua karena susahnya si kecil untuk makan. Memang, segala upaya akan dilakukan para orang tua demi meningkatkan nafsu makan si kecil. Bahkan tidak jarang orang tua yang membawa anaknya untuk bermain ke tempat berlibur anak di Jakarta untuk memberikannya suasana baru untuk membangun mood yang menyenangkan agar si kecil mudah untuk melahap makanannya. Para orang tua yang memiliki anak dengan nafsu makan yang kurang pastinya akan membuat pusing kepala karena khawatir akan gizi si kecil yang kurang. Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menanggulangi masalah yang satu ini. Simak artikel ini lebih lanjut untuk mengetahuinya.

 

  1. Pola makan teratur

Terkadang, sifat anak yang susah makan bukan hanya disebabkan oleh tidak doyannya ia pada menu yang disajikan, namun bisa saja si kecil belum merasa lapar. Sebelum menyajikannya makan, Anda sangat disarankan untuk mengetahui apakah si kecil sudah mengonsumsi banyak camilan sebelum jam makan tiba. Dengan memperhatikannya Anda akan menjadi lebih mengenali pola makan anak, akan lebih teratur pula siklus jam makan anak agar si kecil menjadi lebih lahap saat menyantap hidangannya. Akan sangat disarankan juga bagi Anda untuk membatasi waktu mengonsumsi camilan setidaknya 3 jam sebelum jam makan tiba.

 

  1. Makanan yang bervariasi

Pasalnya, anak-anak sangat tertarik dengan hal-hal yang unik dan berbeda setiap harinya. Maka dari itu, Anda disarankan untuk selalu memvariasikan menu makanan anak setiap harinya agar si kecil menjadi lebih bersemangat setiap melihat menu yang Anda sajikan. Dengan cara ini, Anda juga dapat lebih mudah mengenali makanan apa saja yang menjadi favorit si kecil.

 

  1. Snack tinggi kalori

Jika berbagai hal sudah dicoba namun si kecil masih saja kesulitan untuk meningkatkan nafsunya untuk makan, Anda sangat disarankan untuk mengganti menu makanannya utamanya dengan camilan yang bergizi dan tinggi kalori. Dengan camilan yang memiliki nutrisi tinggi, si kecil akan tetap terjaga gizinya.

 

Itu dia beberapa hal mudah yang dapat Anda lakukan untuk mengakali si kecil yang kesulitan untuk makan. Semoga bermanfaat!

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.