merawat lansia

Sebelum Merawat Lansia, Ketahui Hal Penting Ini Dulu

Semakin bertambahnya usia seseorang kondisi kesehatannya pasti akan semakin menurun. Itulah sebabnya, banyak orang yang terkadang menggunakan jasa perawat lansia untuk orangtuanya meskipun orangtuanya tetap tinggal di rumah. Apalagi jika penyakit yang diderita oleh orangtua adalah penyakit yang membutuhkan perawatan khusus, seperti alzhaimer, kanker, dan sebagainya.

Namun jika orangtua Anda masih diberi kesehatan atau hanya menderita beberapa penyakit yang umum diderita lansia saja, maka ada baiknya jika Anda merawatnya sendiri. Sebab pada masa tersebut perhatian dan kasih sayang langsung dari anaknya akan memberikan dampak yang positif pada psikologis orangtua. Nah, jika Anda berencana untuk merawat sendiri orangtua, maka ketahui dulu beberapa hal penting ini:

  • Riwayat kesehatan orangtua

Pelajari terlebih dahulu riwayat kesehatan orangtua, terutama untuk penyakit tertentu yang sifatnya kambuhan. Misalnya saja seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, asam urat, dan sebagainya. Termasuk juga jika orangtua pernah mengalami serangan stroke atau serangan jantung meskipun hanya serangan ringan. Semakin tua usia orangtua kita kemungkinan penyakit ini kambuh akan semakin besar. Itulah sebabnya, sangat penting bagi Anda mengetahui riwayat penyakit tersebut sehingga bisa melakukan berbagai pencegahan agar tidak kambuh.

  • Asupan gizi

Sesuaikan makanan yang dikonsumsi dengan kondisi kesehatan orangtua Anda. Jika orangtua Anda memiliki riwayat tekanan darah tinggi, maka pastikan orangtua Anda menghindari makanan asin dan juga makanan lain yang dapat meningkatkan tekanan darahnya. Atur gizi dari makanan yang dikonsumsi orangtua agar tidak kekurangan ataupun berlebihan.

  • Kondisi psikologis

Orangtua yang sudah memasuki usia pensiun sangat rentan mengalami depresi. Khususnya pada seseorang yang sudah terbiasa aktif bekerja dan tiba-tiba tidak lagi memiliki kesibukan karena sudah pensiun. Pada masa inilah Anda sebagai anaknya harus bisa mendukung dan menemani orangtua agar tidak mengalami depresi. Misalnya saja melakukan berbagai aktivitas yang dapat mengembalikan semangat mereka.

  • Aktivitas

Banyak anak yang ingin agar orangtuanya hidup dengan nyaman dan tidak lagi perlu bekerja ketika sudah berusia lanjut. Namun sayangnya, mereka tidak menyadari bahwa hal ini justru bisa membuat orangtua mengalami depresi. Ada baiknya jika Anda membiarkan orangtua tetap beraktivitas sesuka hatinya hanya beri batasan agar aktivitas yang dilakukannya aman dan sesuai dengan usia serta kondisi kesehatannya.

Merawat orangtua harus penuh dengan kesabaran. Mungkin ada saatnya Anda akan merasa kesal atau emosi ketika orangtua tidak mau menuruti Anda padahal Anda melakukan hal tersebut untuk kebaikannya. Ada baiknya ketika hal tersebut terjadi, diskusikan semua secara baik-baik dengan orangtua untuk mendapatkan solusi terbaik. (Vita)

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.