pakaian di gantung

Cara Melemaskan Pakaian Baru

Samping, celana jeans, selimut, sprei, kerudung, gendongan bayi, kain batik, dan kain-kain lainnya yang baru memang cenderung kaku. Kain baru terasa kaku karena biasanya mengandung bahan kimia yang membuatnya tetap awet sebelum dipakai.

pakaian di gantungNamun, rasanya tidak nyaman kalau kain yang kaku langsung dikenakan, bukan? Untung saja ada cara-cara melemaskan kain yang kaku. Berikut adalah langkah melemaskan kain kaku:

  1. Cuci

Ketika Anda baru membeli atau mendapatkan kain yang masih baru, tentu kainnya akan terasa kaku dan masih “bau baru.” Cara melemaskan kain yang kaku kali ini merupakan step by step yang perlu Anda ikuti susunannya. Supaya kain cepat lemas, langsung cuci kain setelah Anda mendapatkannya.

Anda bisa mencuci kain menggunakan tangan maupun mesin cuci. Jika kainnya berukuran besar (misalnya sprei ukuran king size), usahakan untuk mencucinya secara terpisah dengan kain-kain baru lainnya supaya ada cukup ruang di mesin cuci.

  1. Soda Kue

Jangan mencuci pakai sabun! Jika Anda ingin tahu cara melemaskan kain yang kaku, sabun cuci pakaian bukanlah benda yang tepat untuk digunakan. Sabun cuci pakaian dapat mengunci bahan kimia dalam kain baru. Untuk itu, gunakanlah baking powder alias soda kue.

Tambahkan satu cangkir soda kue ke dalam cucian Anda. Anggaplah soda kue ini sebagai substitusinya sabun pencuci pakaian. Lalu, cucilah kain seperti biasa. Namun, usahakan untuk menggunakan air hangat daripada air dingin.

  1. Cuka

Setelah putaran pencucian selesai, maka waktunya untuk putaran pembilasan. Sekarang, tambahkan lah satu cangkir cuka ke dalam mesin cuci. Sama seperti soda kue, cuka juga merupakan salah satu cara melemaskan kain yang kaku, apalagi jika kainnya yang tebal-tebal seperti kain jeans. Jangan lupa untuk mengganti airnya dengan air dingin.

  1. Jemur

Langkah selanjutnya, jemurlah kain di bawah sinar matahari. Hal ini akan membantu membuat kain jadi lebih lembut. Jika cuaca sedang buruk, Anda bisa menggunakan fitur pengering di mesin cuci Anda jika ada. Tapi, pilihlah pengaturannya yang paling rendah, karena pengeringan dalam kecepatan tinggi bisa menyusutkan kain.

  1. Cuci Lagi

Cara melemaskan kain yang kaku yang terakhir adalah dengan mencucinya lagi. Malas memang rasanya, baru juga mencuci, menjemur, eh sekarang sudah harus mencuci lagi. Tapi mau bagaimana lagi, kalau Anda ingin kain jadi cepat lemas, memang seperti ini langkahnya.

Tenang saja, cara mencucinya tidak ribet, kok. Anda hanya perlu mencuci kain tersebut seperti biasa menggunakan sabun pencuci pakaian. Sama seperti sebelumnya, jemur kain di bawah sinar matahari langsung. Jika kain sudah kering, angkat, lalu setrika supaya kainnya jadi lebih lemas dan rapi. Jangan lupa gunakan pelembut dan pewangi pakaian agar pakaian baru menjadi wangi karena umumnya pakaian baru memiliki bau khas. Gunakan pewangi konsentrat royale soklin yang memiliki keharuman luar biasa, beraroma segar bagaikam menggunakan parfum mewah. Selain membuat wangi juga tentunya membantu melembutkan kain.

Tags :

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.