mesin mobil

Filter Udara Mobil,Haruskah Selalu Diganti Atau Bisa Dibersihkan?

Setiap komponen yang ada pada mobil memiliki masa usia pakai. Itulah sebabnya, setelah digunakan dalam jangka waktu tertentu Anda disarankan untuk menggantinya. Dalam beberapa kondisi asuransi mobil yang Anda gunakan mungkin akan menanggung biaya perbaikan ini. Namun jika tidak sekali pun, Anda tetap harus melakukannya karena dapat memengaruhi performa kendaraan

Salah satu komponen termasuk adalah filter udara. Namun pertanyaannya, apakah filter ini harus selalu diganti ataukah bisa dibersihkan? Berikut ini penjelasannya berdasarkan situs autoblog.com.

Sesuai namanya, filter udara berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar tetap bersih. Sebab kebersihan ruang pembakaran harus selalu terjaga agar performa mesin tetap maksimal. Ketika filter ini kotor, maka efeknya akan menghalangi masuknya udara ke ruang pembakaran. Padahal proses pembakaran sangat membutuhkan oksigen yang terkandung dalam udara. Lebih parahnya lagi, jika filter ini terlalu kotor bahkan bisa menyebabkan kotoran tersebut akhirnya terdorong masuk ke ruang pembakaran.

Ada beberapa hal yang menjadi penanda filter udara mulai kotor dan harus dibersihkan, yaitu:

  • Bensin lebih boros
  • Akselerasi mobil mulai bermasalah
  • Bunyi mesin saat idle kasar
  • Mesin sulit hidup
  • Indikator check engine menyala

Filter ini bisa Anda cuci selama beberapa kali secara berkala jika memang sudah kotor, tergantung pada jenis atau tipe filter yang Anda gunakan. Sebab berbeda jenis filter maka material yang digunakan akan berbeda. Selain itu, Anda juga harus menyesuaikan cara membersihkannya dengan material yang digunakan pada filter.

Lalu kapan waktu yang tepat untuk mengganti filter dengan yang baru?

Pada dasarnya tidak ada aturan pasti mengenai hal ini karena tergantung pada jenis filter dan juga penggunaan mobil. Namun ada beberapa hal yang mungkin bisa menjadi acuan, yaitu:

  • Adanya bau tidak sedap dari ventilasi udara. Aroma ini tetap ada meskipun Anda sudah membersihkan filter udara.
  • Jarak tempuh sudah mencapai 20.000KM. Namun, untuk pemakaian yang terlalu sulit atau sering di area dengan debu yang cukup tebal (seperti area proyek pembangunan) penggantian filter udara disarankan lebih sering.
  • Ketika kondisi fisik filter sudah terlihat tidak layak. Baik karena sudah melewati usia pakainya atau karena cara pembersihannya yang salah.

Jadi, sudah tahu kan sekarang? Anda boleh membersihkan filter ini, tetapi tetap harus ingat untuk menggantinya saat sudah waktunya ya! (Vita)

Tags :

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.