kamera tersembunyi

Cara Mudah untuk Mendeteksi Kamera Tersembunyi di Tempat Penginapan

Menggunakan penginapan murah memang sangat membantu dalam hal budgeting bila kamu sedang berjalan-jalan ala backpacker bersama teman atau keluarga. Namun, karena murahnya penginapan, terkadang keamanan dan kepentingan privasi pun perlu diteliti lagi saat memilih penginapan karena banyak ditemukan kasus penyalahgunaan cctv tanpa kabel murah yang seharusnya digunakan untuk menjaga keamanan, malah digunakan untuk mengganggu privasi para tamunya. Hal ini pastinya sangat tidak sopan, bukan? tidak sedikit korban yang mengalami masalah seperti ini. Maka dari itu, agar tidak terjadi hal yang sama, berikut ini adalah beberapa cara mudah yang dapat dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat kamera tersembunyi di tempat penginapanmu. Simak lebih lanjut, ya!

  1. Perhatikanlah benda yang berada tidak pada tempatnya

Saat kamu baru masuk ke kamar penginapan, ada baiknya untuk menjelajahi setia sudut kamar dan perhatikan bila adanya suatu barang yang diletakkan di tempat yang tidak semestinya. Jika seseorang ingin merekam gerak-gerik kamu, maka coba pikir-pikir kembali di mana ia akan meletakkan kamera untuk mendapatkan gambar yang diinginkan. Salah satu contohnya adalah perhatikan detektor asap di tempat yang terlihat agak aneh. Bila ada dua di antaranya maka bisa jadi salah satunya adalah tempat untuk menyembunyikan kamera.

  1. Mematikan lampu

Salah satu cara lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan mematikan lampu di ruangan dan menggunakan senter untuk mencari di mana kamu mencurigai adanya kamera. Menggunakan senter dapat membantu kamu untuk mencari letak kamera karena lensa yang seperti kaca saat disinari senter akan mengeluarkan pantulan cahaya. Jika hal ini terjadi, sudah pasti terdapat kamera di tempat tersebut.

  1. Pindai jaringan wi-fi

Cara mudah lainnya adalah dengan menggunakan aplikasi di smartphonemu yang dapat memindai jaringan wi-fi dan daftar semua perangkat lain yang menggunakan jaringan yang sama. Jika kamu melihat sesuatu yang lain di sana maka dipastikan bahwa adanya kamera yang disembunyikan di dalam kamar tersebut.

Demikianlah berbagai cara mudah yang dapat kamu lakukan untuk mendeteksi adanya kamera tersembunyi di kamar penginapanmu. Semoga bermanfaat!

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.