Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memasang CCTV

Memasang CCTV di rumah menjadi salah satu cara yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk melindungi rumahnya. Bahkan meskipun menggunakan jasa security service Indonesia sekalipun, CCTV merupakan salah satu teknologi standar yang akan digunakan. Baik untuk kebutuhan usaha maupun tempat tinggal.

Sudah memilih perangkat keamanan untuk rumah, Anda dapat memerhatikan beberapa hal berikut terlebih dahulu sebelum memasang CCTV itu, ya:

  • pasang CCTVJenis CCTV

Dulu Anda mungkin hanya tahu bahwa gambar yang dihasilkan CCTV adalah hitam putih. Selain itu, kabel dari kamera langsung dihubungkan ke ruang monitor yang telah disediakan sebelumnya. Namun, dengan semakin berkembangnya teknologi CCTV saat ini sudah tersedia dalam berbagai pilihan.

Misalnya saja untuk resolusi video yang dihasilkan, saat ini telah tersedia dengan kualitas 3 MP hingga lebih dari itu dan gambar berwarna. Tentunya dengan fitur yang lebih baik maka hasil rekaman bisa tampak lebih jelas. Selain itu, kamera yang sering disebut IP Camera ini juga dihubungkan dengan internet ke perangkat yang telah di-setting sebelumnya, misalnya ponsel Anda. Jadi Anda bisa mengawasi hasil rekaman ini secara real time kapan saja Anda ingin. Namun tentunya, dengan fitur yang lebih baik maka harganya juga semakin mahal.

  • Indoor atau Outdoor

Sebelum menentukan CCTV yang akan dibeli, pastikan dulu Anda menentukan akan memasang di dalam ruangan atau di luar ruangan. Sebab, CCTV yang berada di luar ruangan haruslah tahan terhadap air dan juga perubahan cuaca.

Namun jangan terlalu khawatir, karena biasanya toko yang menjual CCTV akan memberi keterangan tentang ini pada produknya. Jadi asal Anda sudah menentukan lokasinya, Anda hanya tinggal memilih CCTV yang tepat saja.

  • Arah CCTV

Setiap CCTV mungkin memiliki jangkauan pengawasan yang berbeda. Untuk CCTV indoor, hal ini mungkin bukan masalah besar. Sebab area manapun yang terjangkau adalah area yang merupakan tempat Anda sendiri. Namun, bagaimana dengan CCTV outdoor?

Pastikan Anda memerhatikan arah CCTV Anda. Terutama jika rumah yang berseberangan dengan Anda memiliki ruang pribadi di bagian depan, misalnya kamar di depan. Pastikan arah kamera tidak menjangkau area pribadi tersebut karena secara tidak langsung Anda sudah melanggar privasi tetangga Anda. Selain itu, apa pun kejadian yang terekam kamera Anda tidak boleh disebarluaskan hanya demi viral. Sebab, belum tentu orang yang terlibat tersebut terima dengan tindakan Anda.

Semoga informasi di atas bisa membantu Anda maksimalkan manfaat CCTV tanpa merugikan pihak mana pun, ya.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.