Mengapa Gigi Persneling Motor Sulit dipindah?

Setiap komponen pada motor tentu memiliki fungsi pentingnya masing-masing. Tidak hanya komponen keras seperti busi, ban, atau sejenisnya. Komponen pendukung seperti minyak rem dan oli juga memiliki peranan yang sangat penting. Itulah sebabnya, melakukan ganti oli motor secara rutin dengan oli berkualitas baik menjadi hal yang sangat penting. Tidak hanya itu, menghindari kesalahan saat mengganti oli motor juga perlu diperhatikan.

kopling motorAkan tetapi, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa setiap komponen memiliki peran penting. Artinya, memperhatikan kualitas oli yang digunakan saja tidaklah cukup. Ada banyak komponen lain yang juga perlu diperhatikan, khususnya jika komponen tersebut berkaitan dengan keselamatan berkendara, seperti gigi persneling.

Gigi persneling adalah komponen yang sangat memengaruhi tenaga dan kecepatan kendaraan. Terganggunya fungsi komponen ini tentu sangat berbahaya, khususnya ketika Anda sedang membutuhkan kecepatan tinggi untuk menyalip kendaraan lain. Supaya Anda tidak mengalaminya, penting untuk mengetahui beberapa penyebab gigi persneling motor sulit dipindah menurut situs kompas, di antaranya:

  • Baut yang renggang

Setiap komponen pada kendaraan dihubungkan dengan menggunakan baut atau mur, sama halnya dengan komponen motor. Ketika baut atau mur yang menghubungkan komponen yang terkait dengan gigi persneling ini terlalu renggang, maka akan membuat gigi menjadi sulit untuk dipindah. Sebab, saat kerenggangan kampas belum maksimal, tangkai pemindah gigi sudah menggeser posisi gigi, sehingga menimbulkan hentakan. Namun, bukan berarti penyetingan yang terlalu sempit juga bagus, karena meskipun perpindahan gigi terasa empuk, tetapi akselerasinya akan terasa lambat.

  • Arm pendorong kopling rusak

Sulitnya perpindahan gigi persneling juga bisa disebabkan oleh mulai rusaknya bola penekan arm otomatis. Jika komponen ini penyebabnya, maka ada baiknya jika segera dibawa ke bengkel untuk segera dicek apakah harus menggantinya dengan yang baru.

  • Pelat kopling rusak

Pelat kopling yang melengkung juga bisa membuat perpindahan gigi persneling menjadi tidak maksimal, karena membuat posisi kerenggangan kampas kopling menjadi tidak maksimal.

Sebenarnya, beberapa masalah di atas dapat dihindari dengan melakukan servis rutin sesuai dengan waktunya di bengkel yang telah terpercaya. Selain itu, cara Anda mengendarai kendaraan juga akan mempengaruhi keawetan dari beberapa komponen tersebut. Jika Anda sering melakukan perpindahan gigi secara kasar, maka komponen yang terkait dengan fungsi ini juga akan mudah rusak. Itulah sebabnya, perbaiki cara berkendara Anda agar mesin menjadi lebih awet. (Vita)

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.