Manfaat Menggunakan Rem Tromol untuk Kendaraan

Bagi Anda yang sudah lama berkecimpung di dunia otomotif, tentu sudah tidak asing lagi dengan rem tromol ini, kan? Yap, rem tromol merupakan salah satu jenis rem yang biasanya dijadikan sebagai komponen untuk kendaraan yang bekerja karena gesekan antara tromol (drum) dengan kampas rem yang saling berputar seiring putaran roda kendaraan. Adanya rem tromol ini dapat membantu mengurangi laju kendaraan, sehingga dapat mengantisipasi terjadinya kecelakaan. Layaknya oli mesin terbaik yang sangat bermanfaat untuk kendaraan, penggunaan rem tromol ini juga memiliki banyak manfaat bagi kendaraan Anda. Berikut merupakan beberapa manfaatnya!

  1. rem tromol mobilMelindungi rem kendaraan. Salah satu manfaat besar yang diberikan rem tromol ini adalah mampu melindungi bagian rem dari kerusakan sekaligus mengatasi munculnya kotoran pada bagian satu ini. Hal ini bukan tanpa sebab, rem tromol sendiri memiliki bentuk yang tertutup sehingga tidak heran bila dapat mencegah semua kotoran yang bisa muncul pada rem. Tidak cukup sampai disitu, rem tromol pun sangat bermanfaat untuk meningkatkan kinerja pengereman.
  2. Pengereman terasa semakin lembut. Lantaran memiliki prinsip kerja yang mengandalkan gesekan, maka membuat pengereman pun terasa semakin lembut bila dibandingkan dengan rem cakram yang akan terasa menghentak saat digunakan. Untuk itulah, banyak kendaraan yang memanfaatkan rem tromol ini pada bagian rem.
  3. Harga murah, sehingga tidak akan menguras isi kantong. Seperti yang kita ketahui, setiap komponen kendaraan memang dijual dengan harga yang bisa dibilang cukup mahal. Namun, tidak demikian dengan rem tromol, komponen ini dijual dengan harga yang jauh lebih murah daripada komponen-komponen lainnya sehingga tidak akan membuat isi kantong Anda terkuras habis pada saat membeli. Untuk harga kisaran dari Rp 200.000 sampai lebih untuk satu rem tromol.
  4. Mampu menahan beban berat. Yang paling menguntungkannya, bagian rem tromol pun mampu menahan beban berat pada kendaraan. Ini terbukti dari banyak kendaraan besar yang menggunakan rem tromol ini untuk bagian pengereman namun tidak rusak saat dipakai. Oleh karena itu, tidak sedikit yang menggunakan rem tromol ini.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan bila menggunakan rem tromol ini pada kendaraan. –SH–

Tags :

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.