Mengenal Istilah Internet of Things

Pernahkah Anda mendengar IoT atau Internet of Things? Istilah ini sebenarnya sudah mulai sering digunakan dalam kehidupan keseharian maupun bisnis. Sebab pemanfaatan IoT jauh lebih luas jika dibandingkan dengan simplivity Indonesia yang hanya terbatas pada kebutuhan bisnis. Bahkan, Simplivity Indonesia saja menggunakan konsep IoT ini.

Jadi, apakah sebenarnya IoT?

Internet of thingsIoT (Internet of Things) sebenarnya tidak bisa didefinisikan secara pasti. Namun bisa digambarkan sebagai sebuah sistem di mana objek mampu saling berhubungan untuk mengirimkan data satu sama lain tanpa bantuan campur tangan manusia. Objek ini bisa berbagai macam, seperti mesin digital, komputer, manusia, hewan, dan sebagainya. Memang peran manusia masih tetap diperlukan, tetapi hanya sebagai pengawas dan juga pengatur saja.

Meskipun objek pada IoT ini bisa berupa banyak hal, tetapi pada kenyataannya penggunaan konsep ini paling sering digunakan M2M (machine to machine), baik untuk keperluan pribadi maupun bisnis. Apapun mesin digital yang dapat terkoneksi dengan internet sehingga mampu berkomunikasi dengan objek lain (mesin lainnya), maka termasuk ke dalam konsep ini.

Dalam kehidupan sehari-hari, ada beberapa contoh pemanfaatan IoT yang mungkin saja Anda juga sudah menggunakannya, antara lain:

  • Smart TV atau Smart Refrigrator yang telah dilengkapi dengan teknologi khusus sehingga memiliki berbagai kemampuan khusus dibandingkan dengan TV atau kulkas biasa. Misalnya pada Smart TV, Anda akan bisa menyaksikan berbagai acara streaming dengan koneksi internet langsung di tlevisi Anda.
  • Pemanfaatan maps untuk mencari rute menuju lokasi yang ingin Anda kunjungi.
  • Teknologi backup data otomatis yang merupakan salah satu fitur pada smartphone Anda. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melakukan backup data apapun sesuai dengan jadwal yang telah Anda tetapkan tanpa perlu melakukan konfirmasi.
  • Penggunaan GPS yang saat ini banyak dipasang pada kendaraan pribadi maupun kendaraan lain yang ditujukan untuk memantau posisi kendaraan. GPS pada kendaraan saat ini juga banyak yang sudah dilengkapi dengan beberapa fitur pelengkap seperti mengontrol mati dan hidupnya mesin dari jarak jauh, dan sebagainya.

Sementara itu, pemerintah juga memanfaatkan IoT ini untuk keperluan memantau bencana untuk pertimbangan pengambilan langkah ke depannya. Misalnya sensor ketinggian air untuk memprediksi bencana banjir, dan sebagainya. Yang jelas, dengan kemajuan teknologi internet, pemanfaatan konsep IoT ini pastinya juga akan semakin luas ke depannya. (Vita)

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.