Berikut Hal yang Menyebabkan Jet Lag

Bagi kamu yang sudah memiliki asuransi perjalanan luar negeri dan sering bepergian ke luar negeri, baik untuk berlibur atau urusan bisnis, mungkin pernah mengalami jet lag. Jet lag lebih dari sekedar perbedaan waktu antar negara yang dapat mengganggu jam biologismu. Jika tidak ditangani dengan baik, jet lag bisa mengganggu kegiatan bahkan juga kesehatanmu, lho. Namun, jet lag pada setiap orang berbeda-beda, ada yang ringan dan ada yang parah. Sebenarnya apa sih yang bisa menyebabkan kita mengalami jet lag? Ini dia penjelasan yang dirangkum dari medicalnewstoday.

  • Terganggunya Irama Sirkadian

Jet LagIrama sirkadian atau jam biologis manusia adalah sikulus 24 jam dalam proses biokimia, fisiologis dan perilaku. Jam biologis ini mengatur aktivitas harian tubuhmu, seperti kapan saatnya tidur, bangun, makan, dan juga temperatur tubuh. Jika kamu bepergian ke negara yang memiliki perbedaan waktu, otomatis siklus ini akan terganggu dan menyebabkan jet lag.

  • Lokasi dan perbedaan waktu. Ternyata traveling dari wilayah barat ke timur lebih memungkinkan untuk terjadinya jet lag lho. Kenapa? Karena waktu di timur akan terasa lebih lama sehingga tubuhmu menjadi lebih lelah. Begitu juga jika kamu pergi ke negara yang memiliki perbedaan musim. Selain waktu, tubuh juga memerlukan adaptasi suhu sehingga dapat memungkinkanmu mengalami jet lag yang lebih parah.
  • Alkohol dan kafein. Baik alkohol dan kafein sebaiknya dihindari menjelang keberangkatanmu. Kedua kandungan ini bersifat diuretik sehingga dapat mengganggu tidurmu. Tak hanya itu, alkohol dan kafein bisa membuat tubuhmu kekurangan alias dehidrasi sehingga memperparah jet lag.
  • Tekanan udara. Di kabin, tekanan udara lebih rendah dibandingkan dengan di darat sehingga kadar oksigen yang masuk ke dalam otak pun berkurang ketika kamu naik pesawat. Berkurangnya oksigen yang masuk ini dapat memperparah jet lag.
  • Waktu perjalanan. Semakin cepat waktu yang dibutuhkan untuk mencapai negara tujuanmu, semakin parah kemungkinan jet lag yang kamu alami. Jadi, buat kamu yang tidak sedang buru-buru sebaiknya pilih option untuk transit terlebih dahulu saat menempuh jarak yang jauh.

Nah, setelah mengetahui hal-hal yang bisa menyebabkan jet lag, semoga kamu lebih bisa mengatasi jet lag ya! (Rima)

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.