truk

Mobil Diesel Anda Keluarkan Asap Putih? Begini Mengatasinya!

Sekarang ini, mobil bermesin diesel memang sudah marak di pasaran. Contohnya saja, truk common rail dari Mitsubishi FUSO. Dibekali dengan mesin diesel yang bandel membuat performanya semakin tangguh ketika dikendarai di jalan raya. Meskipun begitu, sayangnya, ada beberapa permasalahan yang terkadang muncul pada mobil dengan mesin diesel ini, seperti mengeluarkan asap putih, misalnya.

Tak membahayakan memang, namun apabila hal ini terjadi secara terus-menerus dikhawatirkan nanti malah bisa membahayakan lingkungan dan mengganggu pengendara lainnya. Untuk itu, yuk hilangkan asap putih yang keluar dari mobil bermesin diesel tersebut dengan melakukan beberapa hal berikut:

  1. Bersihkan saringan udara mobil.

Salah satu penyebab mobil mengeluarkan asap putih adalah karena ruang penyaring udaranya sudah kotor. Oleh karena itulah, Anda sangat disarankan untuk membersihkannya agar tidak mengganggu kenyamanan berkendara. Bersihkan penyaring ini setidaknya tiga bulan sekali atau jika jarak tempuh mobil sudah mencapai 1.000 km.

Atau, jika Anda melewati jalanan yang berpasir ataupun berdebu, maka dianjurkan untuk lebih sering membersihkannya karena jalanan tersebut akan mempercepat kotornya penyaring udara mobil.

  1. Ganti seal mesin pada mobil

Seal merupakan salah satu komponen mesin pada mobil yang berfungsi mencegah keluar dan masuknya oli dari mobil. Seiring berjalannya waktu, komponen seal bisa menurun performanya sehingga dapat menyebabkan keluarnya asap putih pada knalpot mobil. Menurunnya performa seal ini akibat overheating yang terjadi pada mobil.

Untuk mencegahnya, Anda bisa segera mengganti seal mobil dengan yang baru agar performanya tidak menurun.

  1. Ganti bagian turbo mesin mobil

Seperti diketahui, turbo berfungsi sebagai pemberi tambahan tenaga pada mobil diesel. Jika bagian ini rusak, maka dapat menyebabkan cairan oli masuk ke dalam ruangan mesin. Yang mana, kondisi ini mengakibatkan keluarnya asap putih.

Cara mengatasinya? Tentu saja dengan menggantinya dengan yang baru. Namun, Anda tentunya tidak bisa menggantinya sendiri harus dilakukan di bengkel terdekat.

  1. Servis mobil secara rutin

Untuk mengatasi terbentuknya asap putih pada mobil diesel, maka rutinlah menservis mobil Anda ke bengkel. Dengan dilakukannya servis, Anda bisa mengetahui apakah ada bagian mobil yang rusak dan lain sebagainya.

Apabila mendapati oli mobil sudah terlihat keruh, maka mintalah montir untuk menguras dan mengganti oli tersebut dengan yang baru.

Demikian beberapa cara mudah mencegah keluarnya asap putih pada knalpot mobil diesel Anda. Semoga bermanfaat, ya!

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.