security

Perlukah Perusahaan Menggunakan Jasa Keamanan dari Pihak Ketiga?

Satpam merupakan bagian penting bagi sebuah perusahaan. Bahkan, profesi ini bisa menjadi penentu penilaian orang luar terhadap sebuah perusahaan. Itulah sebabnya, memerhatikan kualitas kerja seorang satpam sangatlah penting. Bahkan, banyak yang kemudian menyerahkan urusan penyediaan satpam melalui pihak ketiga, yaitu perusahaan penyedia jasa satpam Indonesia.

Namun, mungkin masih banyak pemilik perusahaan khususnya yang masih berskala kecil merasa penggunaan pihak ketiga untuk penyediaan jasa ini tidak diperlukan. Padahal, ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggunakan perusahaan jasa tersebut, di antaranya:

  • Keamanan lebih terjamin

Fungsi utama keberadaan seorang satpam adalah untuk menjaga keamanan perusahaan secara penuh yaitu selama 7/24. Itulah mengapa satpam biasanya akan dibagi ke dalam beberapa shift agar dapat selalu siap siaga menangani risiko kejahatan yang mungkin terjadi.

Namun, menjaga keamanan ini pekerjaan yang sangat berisiko. Terlebih lagi saat ini banyak penjahat yang bisa melakukan apapun termasuk menyakiti seseorang ketika tindakannya diketahui.

Perusahaan yang menyediakan jasa satpam pasti sudah melakukan pelatihan kepada seluruh karyawannya untuk mempertahannkan diri. Dengan begitu, tidak hanya keamanan perusahaan saja yang lebih terjamin, tetapi juga keamanan dari satpam itu sendiri.

  • Profesionalisme kerja

Perilaku satpam bisa memengaruhi image sebuah perusahaan di mata masyarakat. Sebab, satpam merupakan orang pertama yang akan ditemui oleh tamu yang datang ke perusahaan. Tidak jarang seseorang memandang negatif sebuah perusahaan karena satpam memperlakukan tamu tersebut dengan kurang sopan.

Hal ini tidak akan terjadi ketika menggunakan jasa pihak ketiga. Sebab, perusahaan tidak hanya memberi pelatihan pertahanan diri saja, tetapi juga sopan santun dan berperilaku ketika berhadapan dengan tamu. Termasuk juga bagaimana mereka harus bersikap saat menemui sebuah masalah.

  • Memberi ketenangan

Keamanan yang lebih terjamin serta satpam dengan perilaku baik pastinya akan membuat karyawan maupun tamu yang datang merasa lebih tenang dan nyaman. Dampaknya image perusahaan akan semakin positif. Sementara bagi internal perusahaan, hal ini akan membantu meningkatkan produktivitas karyawan saat bekerja.

Setelah mengetahui beberapa keuntunga di atas, apakah Anda berminat untuk menggunakan jasa pihak ketiga untuk menangani keamanan perusahaan Anda?

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.