Punya Hobi Menulis? Yuk! Kirim Tulisan di Opini.id

Punya Hobi Menulis? Yuk! Kirim Tulisan di Opini.id

Bagi Anda yang memiliki hobi menulis, Opini.id menyediakan wadah untuk menyalurkan opini masyarakat Indonesia melalui tulisan yang kritis, kreatif, dan berbasis fakta. Anda dapat mengirim tulisan di Pojok Opini melalui https://opini.id/. Bagaimana cara mengirim tulisan di Pojok Opini? Sebelum membahas cara mengirim tulisan di Pojok Opini, mari simak penjelasan tentang induk dari Pojok Opini yakni Opini.id terlebih dahulu.

Tentang Opini.id

Opini.id adalah portal media yang berada di bawah naungan PT. Global Visi Media dan PT. Opini Visi Media yang berlokasi di Jakarta Barat. Opini.id pertama kali dicetuskan pada tahun 2012 dengan nama Opini.co.id dan berubah nama menjadi Opini.id pada tahun 2014 yang dapat diakses di https://opini.id/. Saat ini, Opini.id terus berupaya melakukan inovasi-inovasi di bawah kepemimpinan Hendra Lesmono selaku CEO.

Opini.id secara kreatif menerapkan konsep sosial media dan media konvensional. Hal ini dibuktikan dengan penggunaan 5 media sekaligus dalam menyebarkan konten-kontennya, yaitu website https://opini.id/, Facebook Opini.id, Instagram @opini.id, Youtube Opini.id, dan juga Twitter @opini.id. Opini.id juga tersedia di aplikasi mobile untuk Android maupun iOS sehingga lebih memudahkan pengguna untuk mengakses konten-kontennya.

Opini.id

Dilansir dari websiste Opini.id, portal media ini memiliki 10 program unggulan yaitu; Mr. Kece, PERSPEKTIF, LEBIH DEKAT, INDEPTH, Speak Up!, Bimbel Netijen, Begini Ceritanya, Streetwalker, Opiniaha, dan 1menit. Selain 10 program tersebut, Opini.id juga memiliki dua kategori konten, yakni human interest dan pop culture. Kedua kategori ini mencakup isu sosial, politik, ekonomi, gaya hidup, dan teknologi.

Portal media ini juga selalu berupaya untuk menyajikan konten-konten yang terpercaya dan berkualitas. Upaya ini dibuktikan dengan adanya perubahan kebijakan mengenai kontribusi konten di portal media ini. Sejak tahun 2019, seluruh konten di portal tersebut dibuat oleh tim mereka sendiri. Tujuannya yaitu agar konten berkualitas, terbukti kebenarannya, dan konsistensi konten di website https://opini.id/.

Namun, masyarakat tetap dapat menyumbangkan tulisan ke portal ini dengan mengirimkan tulisan ke Pojok Opini. Setelah itu, tulisan kontributor akan melalui review ketat dari editor untuk memutuskan apakah tulisan tersebut layak dipublikasikan atau tidak.

Lalu, bagaimana cara untuk mengirimkan tulisan ke Pojok Opini di laman https://opini.id/? Simak penjelasannya di bawah ini, ya.

Cara Kirim Tulisan di Opini.id

Selain menyajikan berbagai konten yang bermanfaat dan menginspirasi, Opini.id juga mengajak masyarakat Indonesia untuk beropini dengan mengirimkan tulisan ke Pojok Opini di website https://opini.id/. Hal ini dilakukan untuk membentuk generasi Indonesia yang anti apatis dan peduli terhadap permasalahan di lingkungan sekitar.

Kirim Tulisan di Opini.id

Oleh karena itu, Opini.id berinovasi dengan menawarkan sebuah wadah untuk menyalurkan opini masyarakat yang kritis, kreatif, solutif, dan berbasis fakta di Pojok Opini. Anda dapat mengirimkan tulisan dengan fokus isu di bidang ekonomi, perilaku sosial, gaya hidup, dan lingkungan hidup.

Bagaimana cara mengirim tulisan di Pojok Opini?

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengirim tulisan adalah membuat akun terlebih dahulu di website https://opini.id/. Anda dapat membuat akun baru dengan mengisi email, kata sandi, dan nama pengguna. Setelah itu, Anda harus masuk ke Pojok Opini menggunakan akun tersebut. Anda juga disarankan untuk mengaktifkan akun terlebih dahulu dengan mengklik tombol ‘aktifasi akun’ yang dikirim ke email Anda.

Selanjutnya, Anda perlu klik ‘setuju’ pada syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh pihak Opini.id. Setelah itu, akan muncul serangkaian penjelasan mengenai hak-hak dari kontributor sebagai penulis dan juga ketentuan tulisan di Pojok Opini. Kemudian, Anda dapat mengirim tulisan dengan mengisi kolom judul, sinopsis, dan juga draft tulisan Anda.

Artikel dan Tulisan yang Tayang di Opini.id

Anda juga dapat menambahkan gambar dengan tetap menyertakan sumber gambar. Selanjutnya, Anda perlu mengklik dua pernyataan untuk bertanggung jawab sepenuhnya terhadap tulisan Anda dan setuju jika artikel Anda disunting oleh tim editor Opini.id. Terakhir, Anda dapat mengklik ‘submit to review’ untuk mengirim tulisan Anda.

Tim editor akan menyeleksi ulang tulisan para kontributor untuk memutuskan apakah tulisan layak atau tidak untuk dipublikasikan. Jika terdapat hal-hal yang kurang dipahami mengenai prosedur mengirim tulisan di Pojok Opini, Anda dapat langsung menghubungi email info@opini.id untuk info lebih lanjut.

Ketentuan Tulisan di Pojok Opini

Ketentuan tulisan artikel di Pojok Opini yaitu memiliki panjang tulisan minimal 350 kata dan maksimal 1000 kata. Untuk penulisan judul, gunakan huruf kapital di awal kata saja, jangan kapital di semua huruf. Kontributor juga dilarang untuk mengirimkan tulisan yang sudah pernah ditayangkan atau diterbitkan di media lain. Terakhir, artikel dilarang plagiat atau menggunakan google translate saja.

Judul yang ditulis tidak boleh melebihi 65 karakter. Selanjutnya, Anda juga perlu membuat sinopsis dari tulisan Anda sebanyak maksimal 130 karakter. Setelah semua ketentuan-ketentuan kepenulisan tersebut terpenuhi, Anda dapat mengirimkan tulisan ke Pojok Opini melalui laman https://opini.id/.

Itulah penjelasan tentang Opini.id dan cara mengirimkan tulisan ke Pojok Opini di https://opini.id/. Ayo berkontribusi dengan mengirimkan tulisan kreatif Anda ke Pojok Opini dan bergabung menjadi Teman Opini. Salam literasi!

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.