kulit berjerawat

Sering Berjerawat? Mungkin Ini Penyebabnya!

Tidak bisa disangkal, salah satu permasalahan kulit yang sering dihadapi oleh perempuan adalah jerawat. Demi mengatasi masalah ini, banyak perempuan yang memiliki jadwal rutin untuk mengunjungi klinik kecantikan terbaik di Indonesia dan menjalani serangkaian perawatan demi mendapatkan kulit wajah yang mulus berseri.

Jerawat biasanya muncul karena masalah hormon atau karena stres. Namun demikian, jika jerawat sering muncul dan sulit hilang, bisa jadi masalahnya bukan karena dua hal tersebut. Beberapa hal ini bisa menjadi penyebab mengapa wajah Anda sering berjerawat:

  1. Sarung bantal yang kotor. Jerawat memang bisa timbul karena hal yang sederhana, seperti malas mengganti sarung bantal. Ketika Anda tidur dengan sarung bantal yang kotor, tak heran jika jerawat akan sering muncul. Pasalnya, saat tidur kulit Anda akan langsung bersentuhan dengan bantal, sehingga bakteri dan debu yang menempel bisa berdampak pada kulit wajah. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk mengganti sarung bantal setidaknya seminggu sekali, ya!
  2. Menggunakan produk perawatan yang tidak cocok untuk kulit. Setiap masalah kulit memiliki produk perawatan yang berbeda. Nah, menggunakan produk perawatan yang tidak cocok untuk kulit Anda bisa memicu timbulnya jerawat. Pastikan Anda menggunakan produk perawatan yang sesuai untuk kebutuhan kulit Anda. Jika memang kulit menunjukkan tanda-tanda peradangan dan sebagainya, hentikan penggunaan produk dan hubungi dermatologis untuk mengatasi masalah jerawat Anda.
  3. Dampak obat. Tak hanya dua penyebab yang sudah disebutkan di atas, konsumsi obat pun bisa berdampak pada intensitas kemunculan jerawat. Beberapa obat yang dikonsumsi secara rutin, seperti pil KB misalnya, memiliki efek samping berupa jerawat. Pasalnya, obat-obatan ini bisa memengaruhi hormon dalam tubuh sehingga berdampak pada kelenjar minyak dan lemak di wajah. Akibatnya, jerawat terus bermunculan dan kulit semakin meradang. Mengingat hal ini merupakan efek samping dari obat yang dikonsumsi, untuk mengatasinya Anda bisa menghubungi dokter agar lebih aman.

Itu dia beberapa penyebab timbulnya jerawat di wajah. Jika memang intensitas kemunculan jerawat di wajah cukup sering, baiknya segera hubungi dermatologis, ya. Semoga membantu!

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.