bayi minum susu botol

Kenali Plus Minus Botol Susu Bayi

Memberikan susu formula dengan menggunakan botol susu memang sudah sangat lazim dilakukan orang tua zaman sekarang, hanya saja tak sedikit yang lupa apakah sebenarnya pemakaian botol itu baik untuk bayi atau malah sebaliknya. Jika dikaji dari segi kesehatan ternyata ada plus minus penggunaan botol susu tersebut, berikut ini penjelasannya.

Tiga Plus Dan Minus Penggunaan Botol Susu

Ahli kesehatan anak memang terus menyosialisasikan penggantian penggunaan botol dengan sendok, untuk mengurangi efek pada bayi dan anak setelah mereka besar nanti. Bukan karena perawatannya yang harus ekstra dengan sabun botol susu bayi dan sterilisasi yang memakan waktu, tapi karena hal-hal berikut ini.

  • Plus Penggunaan Botol Susu

Hal positif tetap ada dalam penggunaan botol susu yaitu dapat memberikan rasa nyaman pada bayi yang rewel untuk beberapa saat, karena biasanya bayi butuh sesuatu untuk mengalihkan kesalnya.

Selanjutnya adalah dengan memberikan susu formula menggunakan botol setidaknya bayi mendapatkan nutrisi tambahan yang cukup dari susu formula ataupun dari ASI yang diberikan melalui botol.

Plus yang juga kadang dirasakan adalah menjadi maina  bagi bayi dan anak untuk meningkatkan mood mereka yang mudah berubah.

  • Minus Penggunaan Botol Susu

Yang pertama yaitu bisa menyebabkan pertumbuhan gigi anak tidak rapi, sebab terlalu lama menggunakan botol dan dot membuat gusi berubah letak akibat terdorong oleh dot. Jika dibiarkan maka saat dewasa giginya akan tumbuh maju ke depan. Ini sudah banyak dibuktikan oleh berbagai penelitian.

Kedua yaitu jika tidak dibersihkan dengan baik sesuai tips https://www.sleekbaby.co.id/1000-hari-perlindungan/detail/tips-mengatasi-bau-pada-botol-susu-bayi maka akan menimbulkan bau dan menjadi sumber bakteri dan kuman, alhasil bayi akan rentan terserang penyakit.

Ketiga yaitu mengurangi keinginan bayi untuk minum ASI karena merasa nyaman dengan minum dari botol.

Dengan mengetahui plus minus dari penggunaan botol susu pada bayi dan anak tentu bisa menjadi pertimbangan penting bagi Anda, apakah akan tetap menggunakannya atau segera menggantinya degan pemberian susu menggunakan sendok atau gelas. Ingat, keputusan Anda akan menentukan kesehatan buah hati untuk jangka panjang.

Tags :

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.