VR untuk pelatihan

Teknologi VR Untuk Pelatihan Karyawan

VR atau Virtual Reality saat ini sudah digunakan untuk hal yang jauh lebih luas dibandingkan dengan sebelumnya. Misalnya saja seperti pemanfaatan teknologi ini dalam dunia bisnis, salah satunya yaitu dalam bidang pelatihan dengan VR. Pelatihan ini dianggap sangat efektif untuk dapat membantu meningkatkan kinerja karyawan dibandingkan dengan pelatihan dengan cara biasanya. Khususnya untuk karyawan yang sudah sering mengikuti pelatihan dari profesional sebelumnya.

Dalam situs trainingindustry dijelaskan alasan mengapa pelatihan menggunakan VR sangat efektif, yaitu:

  • Memberi gambaran lebih nyata

VR memberi gambaran situasi secara nyata menggunakan teknologi gambar 3D. Saat menggunakan teknologi ini, karyawan bisa seolah-olah berada dalam situasi yang telah diatur oleh perusahaan sesuai dengan kebutuhan pelatihan yang dilakukan.

  • Karyawan bisa lebih berani mengambil keputusan

Pada saat karyawan menemukan sebuat situasi yang kurang menguntungkan baginya, banyak yang akhirnya mengambil jalan aman karena takut akan adanya risiko. Namun, dengan pelatihan menggunakan VR karyawan tidak perlu merasa takut dengan keputusan yang diambilnya. Sebab apapun yang terjadi dalam VR saat pelatihan bukanlah kenyataan sehingga ketika terjadi risiko tidak akan berdampak buruk pada siapa pun. Meskipun begitu, bukan berarti karyawan jadi boleh sembarangan mengambil keputusan karena ini bisa dijadikan dasar evaluasi perusahaan dalam menilai karyawan.

Sudah ada banyak perusahaan yang aktif menggunakan teknologi ini. Situs virtualspeech menyebutkan  Walmart adalah salah satunya. Perusahaan ini memanfaatkan VR untuk melakukan pelatihan pada karyawannya di bidang customer service. Teknologi VR yang dinamakan black Friday ini membantu pelatihan karyawan untuk menghadapi situasi ketika ramai saat hari libur.

Selain itu, dokter bedah rumah sakit anak di Los Angeles juga mulai memanfaatkan teknologi ini untuk membantu prosedur kesehatan. Mereka menggunakan VR untuk melakukan pelatihan dalam mengobati pasien anak yang berada dalam kondisi darurat. Sama seperti yang telah disebutkan di atas, teknologi VR dipilih karena aman dari risiko. Dokter bisa melakukan pengobatan tanpa khawatir adanya korban. VR juga bisa digunakan untuk mencari pengobatan terbaik dalam suatu situasi darurat.

Bagaimana dengan perusahaan Anda, apakah merasa sudah memerlukan teknologi ini untuk pelatihan karyawan?

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.