anak kembar

Ternyata Anak Kembar Ada Tipe-tipenya, Lho!

Memiliki keturunan adalah harapan semua pasangan yang sudah menikah. Tak heran bila seorang wanita dinyatakan hamil, calon orang tua ini akan merasa bahagia. Apalagi jika anak yang dikandung adalah anak kembar. Meski perawatan bayi kembar jauh lebih melelahkan dibandingkan dengan bayi tunggal, namun sukacita yang dirasa pun pasti berlipat.

Nah, membicarakan soal anak kembar, tahukah Anda bahwa ternyata anak kembar terbagi atas beberapa tipe? Ya, secara umum anak kembar terkelompokkan ke dalam 3 kategori. Apa sajakah ketiga tipe tersebut? Simak lebih lanjut untuk mengetahuinya!

  • Kembar identik (identical twins)

Tipe kembar ini kerap juga dikenal sebagai monozygotic twins, atau anak kembar yang berkembang dari satu telur yang telah dibuahi kemudian membelah menjadi dua. Kembar identik dapat hidup dalam satu plasenta dan satu ketuban saat dalam kandungan. Oleh karena itu, ketika lahir kelak, anak kembar identik akan memiliki jenis kelamin, warna iris mata serta rambut yang sama. Meski begitu, anak kembar masih mungkin memiliki sedikit perbedaan seperti pada betuk garis kepala, tekstur rambut, juga kepribadian dan jenis alergi.

  • Kembar bersaudara (fraternal twins)

Kembar bersaudara biasa juga dikenal dengan dizygotic twins. Berlawanan dari kembar identik, anak kembar bersaudara berkembang dari dua telur yang dibuahi secara terpisah pada masa ovulasi yang sama. Kembar bersaudara tidak memiliki DNA yang identik, sehingga, kembar ini dapat lahir dalam jenis kelamin yang berbeda serta rupa wajah yang tidak mirip. Kembar bersaudara kerap ditemukan pada wanita hamil dengan usia yang sudah cukup tua.

  • Kembar tipe lainnya (other types of twins)

Mirror image twins adalah anak kembar yang lahir dengan rupa seperti keduanya sedang becermin (berhadapan). Sebagai contoh, tanda lahir pada satu anak ada di tangan kiri dan pada anak lain ada di tangan kanan. Ketika mereka berhadapan, maka tanda lahir tersebut berhadap-hadapan seperti sedang becermin. Kasus kembar seperti ini sangat langka, sebab hanya terjadi pada satu per empat dari seluruh kelahiran bayi kembar. Mirror image twins dapat terjadi bila telur yang telah dibuahi membelah dalam jangka waktu yang lebih lama daripada biasanya.

Superfetation adalah anak kembar yang lahir pada hari yang berbeda. Kasus kembar seperti ini memiliki presentase yang amat kecil. Superfetation twins terjadi dari dua telur yang dilepaskan pada waktu yang berbeda saat ovulasi.

Itulah dia beberapa tipe anak kembar. Menarik, bukan, informasi tentang anak kembar ini?

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.