Ternyata Roti Tidak Baik Untuk Penderita Maag

Anda yang sudah memiliki riwayat penyakit lambung seperti maag, pasti selalu menyediakan obat penyakit lambung di dalam tas. Tujuannya, agar bisa segera dikonsumsi saat rasa tidak nyaman di area lambung akibat sakit maag mulai terasa. Selain itu, mungkin banyak juga yang selalu menyediakan camilan di dalam tasnya. Sebab, telat makan atau perut yang kosong menjadi salah satu penyebab sakit maag kambuh. Selain itu, makan teratur juga bisa mencegah penyakit Gastroparesis menyerang Anda, yaitu penyakit yang berkaitan dengan ketidaknormalan pada otot lambung.

roti tidak baik untuk maagDi antara sekian banyaknya jenis camilan yang tersedia, banyak yang lebih memilih untuk membawa roti kemanapun pergi. Sebab, roti dianggap camilan yang pas untuk mengatasi lapar karena cukup mengenyangkan. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata, roti sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi terlalu sering, khususnya bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit maag? Mengapa demikian? Sebab, roti mengandung zat yang dapat meningkatkan jumlah gas dan juga zat asam pada lambung.

Mungkin Anda merasa bingung, kenapa roti tidak baik untuk penderita maag? Bukannya ada negara yang menjadikan roti sebagai makanan utamanya? Lalu, apakah mereka semua berisiko menderita maag?

Menurut situs klikdokter, roti yang diproduksi oleh negara dengan makanan utama roti berbeda dengan roti yang diproduksi di Indonesia. Roti di negara tersebut, tidak menggunakan ragi sebagai pengembangnya. Akibatnya, teksturnya cenderung keras dan kasar. Selain itu, ukuran roti akan tetap sama saat sebelum dimasak hingga saat matang.

Sementara itu, roti yang diproduksi di Indonesia menggunakan ragi dan melalui proses fermentasi. Proses inilah yang membuat roti menjadi lembut dan mengembang, serta memiliki bau yang khas. Namun, adanya proses ini akan membuat kandungan gula dan karbohidrat pada adonan berubah menjadi senyawa karbon dan alkohol yang bersifat asam. Hal inilah yang akhirnya membuat jumlah gas dan zat asam pada lambung meningkat. Akibatnya, akan semakin memperparah kondisi penderita asam lambung.

Jika Anda menderita asam lambung dan mencari camilan sehat untuk dibawa, Anda bisa mengubah kebiasaan membawa roti dengan camilan lain yang lebih sehat. Atau, Anda juga bisa membawa buah seperti apel yang cukup mengenyangkan, dan jelas lebih sehat. Semoga bermanfaat. (Vita)

Tags :

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.