boba

Tetap Sehat Meski Senang Mengonsumsi Boba? Bisa, Kok!

Tren boba atau bubble tea tengah marak di ibukota. Banyak sekali franchise boba yang baru dibuka dan membuat masyarakat rela untuk antre berlama-lama demi menikmati minuman manis dan kenyal ini. Meski nikmat, namun Anda pun harus berhati-hati, nih. Sebab boba mengandung kalori tinggi dan rendah gizi, jadi tidak baik untuk tubuh jika dikonsumsi berlebihan. Meski sudah melindungi diri dengan asuransi kesehatan individu, tak mau kan jika Anda jatuh sakit justru karena terlalu banyak mengonsumsi boba?

Hanya saja, bukan berarti Anda tak boleh minum boba. Ada cara untuk tetap sehat meski Anda senang mengonsumsi minuman ini. Di antaranya:

  1. Takar jumlahnya. Tubuh memang memerlukan gula dan itu bisa didapat dari konsumsi boba. Hanya saja, seperti yang sudah disinggung di atas, boba hanya mengandung kalori namun kurang dari segi kebutuhan gizi. Jadi, baiknya konsumsi boba ini dibatasi setiap seminggu sekali atau dua kali. Anda bisa menjadikan boba ini sebagai camilan sore dan membatasi jumlahnya.
  2. Imbangi dengan serat. Boba terbuat dari tepung tapioka yang kenyal dan sulit dicerna. Oleh sebab itu, disarankan untuk mengimbangi konsumsi boba dengan serat. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kesehatan pencernaan dan usus Anda. Serat bisa didapat dari konsumsi sayuran dan buah, yang bisa dimasukkan ke dalam menu harian Anda.
  3. Penuhi kebutuhan gizi. Ada kalanya, Anda sangat ingin mengonsumsi yang manis-manis dan pilihan jatuh pada boba. Nah, hal ini bisa diatasi dengan menjaga kebutuhan gizi harian dan mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna. Ketika kebutuhan gizi sudah terpenuhi, biasanya keinginan untuk jajan pun akan berkurang.
  4. Rajin cek gula darah. Terakhir, jangan malas untuk memantau kadar gula di dalam darah. Anda bisa melakukannya secara rutin demi kesehatan tubuh Anda. Kalau gula darah sudah meningkat, maka baiknya hentikan dulu konsumsi boba dan ganti dengan makanan yang lebih menyehatkan.

Itu dia beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga agar tubuh tetap sehat meski senang mengonsumsi boba. Semoga membantu!

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.