mobil mitsubishi

Baru Punya Mobil? Jangan Lewatkan Hal-Hal Berikut!

Perusahaan pembiayaan di Indonesia kini sudah banyak jumlahnya. Program dan siklus cicilan kendaraan pribadi pun semakin bervariatif sehingga masyarakat yang ingin membeli mobil dengan cara kredit jadi mempunyai banyak pilihan. Suku bunga yang kompetitif, proses persetujuan yang cepat, down payment (DP) yang kecil, sampai persyaratan yang mudah merupakan beberapa contoh keuntungan konsumen bila membeli mobil melalui perusahaan tersebut.

Saat mobil sudah dimiliki, bukan berarti urusan selesai. Jangan lupa bahwa mobil yang baru Anda beli itu perlu dicek secara berkala. Nah, apa aja sih perawatan mobil yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah? Simak artikel ini untuk mengetahuinya, ya!

  • Cek oli. Pemeriksaan oli penting untuk mencegah terjadinya kebocoran. Anda dapat menggunakan dipstick oli atau besi panjang untuk melakukannya. Jangan lupa untuk memarkirkan mobil Anda di tempat yang rata agar kemiringan oli dalam tangki sejajar. Anda juga dapat langsung melakukan isi ulang oli Anda bila saat pengecekan, volumenya tinggal sedikit.
  • Cairan transmisi. Seperti oli, cairan transmisi pun perlu dicek secara berkala. Periksa ketersediaan cairan transmisi kendaraan Anda dan isi ulanglah kalau jumlahnya tinggal sedikit. Jangan lupa juga untuk memeriksa dan memperbaikinya bila ada kebocoran.
  • Tekanan angin ban. Jumlah angin dalam ban harus pas dengan tekanan agar kegiatan berkendara Anda aman. Biasanya, tekanan ban berada di antara 30 hingga 35 psi. Usahakan untuk mengecek tekanan angin dalam ban pada jangka waktu satu bulan sekali, juga sebelum melakukan perjalanan panjang. Anda dapat mengeceknya dengan alat pengukur tekanan ban yang dijual di pasaran atau cukup dengan telapak tangan. Seseorang dari produsen ban mengatakan, mengecek tekanan angin dapat dilakukan dengan meletakkan telapak tangan pada ban mobil. Bila lebar ban melebihi telapak tangan, artinya tekanan angin dalam ban kurang dari ideal. Sebaliknya, bila lebar ban kurang dari telapak tangan, maka tekanan angin dalam ban lebih dari ideal.
  • Cuci mobil. Perawatan yang satu ini barangkali merupakan hal termudah namun tercapai dalam hal perawatan mobil. Akan tetapi, mencuci mobil adalah hal yang penting untung kesehatan kendaraan itu sendiri. Upayakan untuk mencuci mobil satu minggu sekali. Jangan lewatkan membersihkan bagian dalamnya juga, ya.
  • Periksa rem. Rem merupakan salah satu elemen terpenting dalam keselamatan berkendara. Oleh karena itu, penting bagi pemilik kendaraan untuk senantiasa mengecek keadaan rem mobil. Anda bisa melakukannya dalam jangka waktu dua sampai tiga kali dalam setahun.

Nah, itu dia 5 hal yang perlu Anda lakukan untuk menjaga usia kendaraan Anda agar panjang. Namun demikian, jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan keperluan yang mendesak dan terpaksa harus menjual mobil maka Anda bisa menjual mobil tersebut dengan sistem take over kredit. Akan tetapi, sebelum mengajukannya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat melakukan take over kredit tersebut, salah satunya memahami ketentuan dari take over kredit. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tags :

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.