ban truk

Tingkatkan Performa Truk Dengan Perawatan Ban yang Tepat

Truk merupakan kendaraan niaga yang memiliki peran penting dalam sebagai alat transportasi, khususnya untuk perusahaan yang bergerak di bidang logistik. Banyak dari perusahaan ini yang memanfaatkan promo kredit truk Mitsubishi untuk mendukung bisnisnya. Harga yang terjangkau ditambah dengan adanya promo, serta jaminan kualitas membuat truk dari Mitsubishi menjadi pilihan utama para pengusaha.

Namun, selain membeli truk dengan kualitas yang baik, tentunya perusahaan juga harus mendukung dengan perawatan yang terbaik agar performa truk selalu terjaga. Salah satunya yaitu perawatan pada area ban, yaitu dengan melakukan beberapa hal berikut:

  • Sesuaikan dengan jenis permukaan jalan

Tahukah Anda bahwa ban truk memiliki beberapa jenis? Setiap jenis ban ini memiliki tipe kembang yang berbeda karena disesuaikan dengan kondisi jalan yang akan ditempuhnya. Misalnya ban tipe highway truck tires ditujukan untuk permukaan seperti jalan raya, max traction truck tires ditujukan untuk area off road, sementara all terrain truck tires bisa digunakan untuk keduanya tetapi memiliki harga yang lebih mahal. Selain dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara, memilih ban yang sesuai dapat membuat usia ban semakin awet.

  • Perhatikan kebersihan ban

Anda mungkin berpikir bahwa ban untuk truk memiliki dinding yang tebal sehingga aman meskipun terkena benda tajam. Atau karena ban sudah biasa melewati area kotor sehingga ban yang kotor juga hal yang wajar dan bukan sebuah masalah. Namun, kotoran yang menempel pada ban jika dibiarkan terus menerus tetap dapat menyebabkan kerusakan pada dinding ban. Itulah alasannya, menjaga kebersihan ban tetap harus sangat diperhatikan.

  • Sesuaikan tekanan ban

Sama halnya dengan kendaraan jenis apapun, menjaga tekanan angin pada ban truk juga sangat wajib. Sebab tekanan yang terlalu rendah dapat berpotensi menyebabkan dinding ban menjadi mudah pecah. Sementara tekanan ban yang terlalu tinggi apalagi melebihi batas toleransi juga bisa menyebabkan hal yang sama. Parahnya lagi, tekanan angin yang tidak sesuai dapat meningkatkan risiko kecelakaan pada Anda.

Selain semua hal di atas, Anda juga disarankan untuk mengganti ban mobil secara berkala karena meskipun sudah dirawat dengan baik, ban tetap saja memiliki usia pakai.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.