minyak untuk wajah

3 Macam Minyak yang Bagus untuk Kulit Wajah

Semua dermatologis sepakat bahwa produk perawatan untuk area mata dan kulit wajah itu harus berbeda. Hal ini tak lain karena faktor kulit di sekitar mata memiliki intensitas yang lebih tipis daripada kulit di keseluruhan wajah. Itulah mengapa kamu perlu menggunakan eye cream lokal untuk perawatan mata, sementara moisturizer atau minyak alami yang bagus untuk perawatan kulit wajah.

Nah, apa saja, sih, minyak yang bagus untuk kulit wajah? Yuk, temukan jawabannya di sini!

  • Minyak kelapa. Selama beberapa tahun terakhir, minyak kelapa mulai terkenal karena sifat terapeutiknya. Minyak dari perasan daging kelapa ini kaya akan vitamin E serta asam lemak, yang bagus sebagai pelembap tradisional serta menghindarkan kulit wajah dari kekeringan ataupun minyak berlebih. Tak cuma itu, minyak kelapa juga merupakan obat alami antibakteri dan antijamur, yang tentu dapat membantu perlindungan kulit dan rambut dari bakteri dan jamur. Sudah begitu, minyak ini pun wangi aromanya!
  • Minyak argan. Minyak argan berasal dari ekstrak dari kacang pohon argan, tumbuhan endemik Maroko. Sama seperti minyak kelapa, minyak argan juga kaya akan vitamin E, antioksidan, serta asam lemak esensial. Kombinasi ketiga nutrisi ini membuat minyak argan bagus untuk dipakai sebagai pelembap sehari-hari yang tidak berminyak. Namun, minyak ini juga ampuh sebagai obat untuk kondisi kulit yang parah seperti eksim atau rosasea. Sifat antioksidan minyak argan juga membuatnya dapat meningkatkan elastisitas kulit dan membuat kulit bercahaya.
  • Minyak jojoba. Minyak jojoba adalah zat cair berlemak yang diekstrak dari jojoba, tanaman asli Amerika Utara. Minyak ini biasanya digunakan untuk pengobatan jerawat, psoriasis, sampai kulit yang terbakar karena sinar matahari. Hal ini tak lepas dari struktur kimiawi minyak jojoba yang sangat mirip dengan sebum manusia. Karena minyak jojoba meniru struktur kulit manusia, ia efektif untuk menggantikan ataupun melarutkan minyak yang dihasilkan oleh kulit wajah manusia. Artinya, minyak ini bisa membantu seimbangkan produksi sebum serta menghilangkan jerawat di wajah. Tak sampai di situ, minyak ini juga bisa menenangkan kulit dan memberikan kelembapan sepanjang hari.

Nah, itulah dia 3 macam minyak alami yang bisa kamu gunakan untuk merawat kulit wajah. Sudah tahu mau pilih minyak apa?

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.