menggoreng

Tips Agar Cipratan Minyak Tidak Berlebih Saat Menggoreng

Siapa sih yang tidak suka makanan dengan olahan digoreng? Rasanya hampir semua orang menyukainya. Bahkan banyak juga yang sering dengan sengaja menyediakan stok Indonesian canned sausage di lemari pendinginnya. Stok ini nantinya akan digoreng ketika Anda sedang membutuhkan makanan yang dapat dimasak dalam waktu cepat dan praktis. Apalagi rasanya juga enak dan sudah pasti semua orang akan menyukainya.

Ya, mengolah masakan dengan digoreng memang sudah menjadi hal yang umum dilakukan. Namun ternyata, banyak juga loh orang yang tidak mau menggoreng karena takut dengan cipratan minyak. Akibatnya mereka lebih memilih masakan dengan olahan lainnya atau membeli makanan jadi jika ingin mengonsumsi makanan dengan digoreng.

Memang, ada beberapa jenis makanan yang pasti menimbulkan cipratan minyak saat digoreng. Misalnya saja seperti adonan aci, kepala ayam, dan berbagai makanan yang mengandung air. Sebab, ketika air dan minyak panas bergabung akan menimbulkan cipratan minyak hingga kandungan air dalam makanan tersebut habis.

Namun, bagaimana jika sebenarnya masakan yang digoreng adalah sesuatu yang seharusnya aman tapi kenyataannya cipratan tersebut tetap muncul? Hal tersebut bisa terjadi akibat beberapa hal, yaitu:

  • Suhu minyak

Ketika menggoreng pasti Anda akan memanaskan minyak terlebih dahulu, Bagi orang yang sudah sering menggoreng, memperkirakan apakah minyak sudah cukup panas bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Namun untuk yang jarang menggoreng, seringkali mereka terlalu lama memanaskannya sehingga minyak terlalu panas. Akibatnya pada saat bahan makanan dimasukkan ke dalam minyak akan keluar cipratan minyak. Selain itu, masakan juga bisa jadi cepat gosong pada bagian luar sementara bagian dalam belum matang.

  • Kondisi wajan

Seringkali Anda menggunakan wajan untuk memasak berkali-kali. Jika masakan yang sebelumnya memiliki sifat menimbulkan cipratan dan menempel pada permukaan wajan, maka bisa jadi cipratan akan tetap muncul saat Anda memasak makanan yang lain. Selain karena bekas makanan yang menempel, wajan yang basah karena habis dicuci atau tanpa sengaja terkena air juga bisa menimbulkan cipratan minyak. Itulah sebabnya Anda harus memastikan wajan kering sebelum menggoreng.

Semoga setelah mengetahui penyebabnya, Anda jadi bisa menggoreng tanpa takut adanya cipratan minyak. Kecuali untuk makanan tertentu yang memang menimbulkan cipratan, maka dua hal di atas tidak berlaku.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.